Berita Banjarmasin

Asita Kalsel Sambut Positif Jika Garuda Kembalikan Komisi seperti Dulu

Dia menjelaskan, akhirnya Asita Kalsel berkoordinasi dengan Garuda Pusat, karena menyangkut masalah nasional.

Asita Kalsel Sambut Positif Jika Garuda Kembalikan Komisi seperti Dulu
banjarmasinpost.co.id/sudarti
Aksi boikot penjualan tiket Garuda yang dilakukan oleh travel agen yang tergabung dalam DPD ASITA Kalsel terus berlanjut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sempat mogok tidak menjual tiket Garuda Indonesia sejak 1 Februari 2017, pengelola travel dalam waktu kembali akan menjual tiket maskapai penerbangan milik BUMN itu.

Ketua DPD Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Kalsel, Addy Chairuddin mengatakan, akibat kebijakan dari Garuda Indonesia yang menurunkan komisi, menjadi dua persen mengakibatkan penghasilan anggotanya berkurang.

Atas kebijakan menurunkan komisi tersebut, biaya operasional tidak seimbang dengan keuntungan yang didapat. Dia mengklaim anggota Asita 90 persen merupakan usaha kecil dan bukan usaha besar.

"Sedikit saja diturunkan, maka berakibat penghasilan yang cukup signifikan. Asita memang melakukan boikot, tapi usulan supaya komisi ditingkatkan," katanya.

Dia menjelaskan, akhirnya Asita Kalsel berkoordinasi dengan Garuda Pusat, karena menyangkut masalah nasional. Addy sempat menyesalkan, kebijakan yang diterapkan Garuda Indonesia Banjarmasin lebih awal dibanding cabang lainnya di Indonesia.

"Padahal harusnya 1 Maret penurunan komisi ini, tetapi untuk Garuda Indonesia Cabang Banjarmasin lebih awal menerapkan," imbuhnya.

Akhirnya setelah bekoordinasi, Garuda Indonesia kembali menyesuaikan komisi seperti sebelumnya. Namun penyesuaian komisi ini hanya sampai 15 April.

Selanjutnya, pihak Asita belum mengetahui setelah 15 April, apakah pengurangan komisi kembali berlaku ataukah tetap seperti biasa.

Mantan Ketua Hiswana Migas Kalsel ini mengharapkan, jangan lagi ada pengurangan komisi dari Garuda Indonesia. Mengingat, pola kemitraan antara Garuda Indonesia dengan Asita sudah terjalin dengan baik.

"Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai milik BUMN, maka menjadi tugasnya adalah bermitra dengan masyarakat, dalam hal ini Asita," tambahnya.

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved