Berita Nasional

Rizal Ramli: Calon Pimpinan OJK Harus Profesional dan Kredibel

Menurut Rizal, seleksi DK OJK yang dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) harus benar-benar terbuka.

Rizal Ramli: Calon Pimpinan OJK Harus Profesional dan Kredibel
kompas.com
Mantan Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menunjukkan salah satu lukisan yang ada di rumahnya di Jalan Tebet Barat Dalam IV, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Mantan Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyoroti proses seleksi calon dewan komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Rizal, seleksi DK OJK yang dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) harus benar-benar terbuka.

"Kalau OJK diisi oleh orang-orang dekat, maka kerja OJK dapat menjadi tidak independen dan tidak profesional," kata Rizal dalam pernyataan resminya, Kamis (2/3/2017).

Rizal menyatakan, dirinya dahulu turut merancang penyusunan Undang-Undang (UU) OJK. Menurut dia, proses seleksi calon anggota OJK sepatutnya dilakukan secara terbuka, obyektif dan independen.

Menurut pandangan Rizal, hingga sampai pada tahap kedua, pemilihan calon DK OJK yang dilakukan Pansel terkesan tertutup. Sehingga, ia meminta seleksi dilakukan secara benar-benar terbuka dan transparan.

Pansel DK OJK sudah mengumumkan 35 orang calon DK OJK yang lolos dalam seleksi tahap kedua. Seleksi tersebut terdiri dari makalah, rekam jejak, dan masukan dari masyarakat.

Ketua Pansel DK OJK Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa hasil seleksi dilakukan berdasarkan pembahasan dan diskusi seluruh anggota Pansel. Selain itu, keputusan dilakukan secara aklamasi.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved