Berita Bisnis

Wah, Pengusaha Banjarbaru Ini Ekspor Ribuan Ton Arang ke Arab Saudi

Ribuan ton arang dari Kalsel sudah diekspor oleh eksportir lokal ke Timur Tengah, utamanya Arab Saudi.

Wah, Pengusaha Banjarbaru Ini Ekspor Ribuan Ton Arang ke Arab Saudi
Banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily
Narwanto

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ribuan ton arang dari Kalsel sudah diekspor oleh eksportir lokal ke Timur Tengah, utamanya Arab Saudi. Selama ini, produksi petani arang di Kalsel banyak diserap negara Timur Tengah.

Eksportir arang ke Arab Saudi, Narwanto mengatakan, pengiriman lewat laut menggunakan kontainer. Setiap bulan rata-rata ekspor arang satu sampai dua kontainer, satu kontainer berjumlah 20 ton.

"Ekspor ke Arab sejak Desember 2014, harga arang bisa 400 USD per metric ton," ucap pemilik CV Nusa Alam Gemilang ini, Jumat (3/3/2017).

Warga Jalan Golf Komplek Putri Regency A-3 Banjarbaru ini juga menceritakan, dia hijrah dari Surabaya ke Banjarbaru, untuk mempelajari produksi arang. Dia berpikir, banyak kayu hasil pembakaran ladang warga yang terbuang sia-sia serta banyak menghasilkan asap.

"Saya coba memanfaatkan kayu dari ladang tersebut untuk diproses menjadi arang dan asapnya dijadikan produk asap cair," imbuhnya.

Kendala yang dihadapinya saat ini adalah biaya shipping yang masih tinggi karena salah satu kendala adalah masih jarang kontainer ekspor yang tersedia di Pelabuhan Trisakti, jadi harus rework ke Surabaya dulu, kontainer lokal ke ekspor.

"Sehingga produk harus pindah kontainer dan ini bisa mempengaruhi kualitas," imbuhnya lagi.

Menjadi harapannya pasca kunjungan Raja Salman, kebutuhan arang di Arab Saudi kedepan tetap terjaga. Ada investor yang membantu petani untuk meningkatkan produksi dengan penyediaan bahan baku sistem kebun plasma.

Adapun saat ini kapasitas produksi arang kayu miliknya sekitar 100 ton per bulan. Narwanto juga sebagai pemenang I Wirausaha Muda Mandiri Tahun 2016 Bidang Wirausaha Sosial Mandiri tingkat Regional Kalimantan.

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved