Wisata Demo

SIAPA yang pernah menyangka Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berkunjung ke Indonesia bersama 1.500 anggota rombongan?

Wisata Demo
dokbpost
H Pramono BS

Oleh: Pramono BS

SIAPA yang pernah menyangka Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berkunjung ke Indonesia bersama 1.500 anggota rombongan? Sebanyak 25 pangeran dan 14 menteri ada di antara mereka.

Ia berkunjung ke Indonesia dalam rangkaian lawatannya ke beberapa negara Asia selama beberapa pekan dan sebagai balasan atas kunjungan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi pada September 2015.

Dari semua negara yang dikunjungi, paling lama di Indonesia yakni pada 1-9 Maret 2017.

Istimewanya lagi selama lima hari setelah kunjungan resminya raja dan rombongan berlibur ke Bali, tempat banyak turis perempuan bertelanjang dada di pantai atau berpakaian minim di tempat umum, yang tentu saja diharamkan di Saudi.

Lahir pada 31 Desember 1935, Salman adalah raja ketujuh Saudi. Jadi Gubernur Riyadh 48 tahun sampai 2011, Menteri Pertahanan 2011 dan jadi Putera Mahkota 2012. Diangkat jadi raja pada 23 Januari 2015 setelah kematian saudaranya, Raja Abdullah.

Kunjungan Raja Saudi ini merupakan peristiwa yang langka. Kecuali rombongannya yang jumbo, keperluan raja selama kunjungan juga dibawa dari Saudi, seperti lift, eskalator untuk turun naik pesawat, kursi sampai pesawat televisi. Berat beban yang dibawa hampir 500 ton. Rombongan membawa tujuh pesawat terbang beruku­ran besar terma­suk satu Hercules.

Indonesia menerima keha_diran Raja Salman dengan per­siapan yang prima.

Salman bin Abdulaziz adalah Raja Arab Saudi kedua yang mengunjungi Indonesia, 47 tahun lalu Raja Faisal juga ke Indonesia.

Kebesarannya sangat terasa dibanding kunjungan raja/ratu atau kepala negara yang lain. Bahkan rencana kehadiran 21 kepala negara dan pemerintahan di Jakarta 5-7 Maret 2017 dalam kaitan KTT IORE (Ocean Rim Association) ke-20 tak terasa ada keistimewaan.

Halaman
12
Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved