NEWS VIDEO

Ada 3 Vaksin Baru untuk Bayi, Ini Pengakuan Petugas Kesehatan di Kalsel

Rencana akan ditambahkan tiga vaksin untuk bayi di bawah lima tahun (Balita) masih belum diketahui secara teknis oleh petugas kesehatan di tingkat sat

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rencana akan ditambahkan tiga vaksin untuk bayi di bawah lima tahun (Balita) masih belum diketahui secara teknis oleh petugas kesehatan di tingkat satuan bawah semisal di Puskemas.

Koordinator imunisasi di puskesmas Cempaka Besar Banjarmasin, Senin (6/3/2017) Ninu Herna Prahesti, mengatakan masih belum tahu secara teknis.

"Belum ada memang secara teknis untuk tiga vaksin baru itu," kata dia.

Ketiga vaksin baru itu Measles dan Rubella (MR), Japanese Encephalitis (JE) dan Pneumokokus. Kabarnya untuk Banjarmasin akan diproyeksi kan Agustus Desember 2018.

Menurut dia, saat ini ada lima jenis vaksin untuk balita, yakni vaksin HB, Campak, BCG, DPT, Polio. Artinya jika di tambah tiga, maka akan jadi delapan vaksin untuk Balita.

Disebutkannya, sementara ini ada jenisnya yang paling banyak adalah vaksin Difteri, Pertusis, dan Tetanus (DPT). Imunisasi tersebut BBacille Calmette-Guerin (untuk vaksin tuberculosis). Juga ada hepatitis B (HB) 0 dan sejenisnya.

"Ya persediaan (stok) satu bulan tambah seminggu disimpan di lemari ini. Di Puskesmas Cempaka ada sampai 30-40. Yang rutin sampai habis rutin sehari tiga kali yakni vaksin polio dan penta. Kalau vaksin campak dan BCG rata rata dalam satu bulan 16 sampai 18 vaksin dipasok," kata dia. (banjarmasin Post/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved