NEWS VIDEO

Jalan rusak longsor di Desa Kusambi Hilir Balangan Bahayakan Pengendara

Satu titik jalan aspal di Desa Kusambi Hilir, Kecamatan Lampihong, Balangan tepatnya di perbatasan RT 4 dan 3 tersebut mengalami longsor cukup parah.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Para pengendara roda dua dan empat yang melintas di jalan Desa Kusambi Hilir, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan harus berhati-hati.

Pasalnya, saat ini salah satu titik jalan aspal di desa tepatnya di perbatasan RT 4 dan RT 3 tersebut mengalami longsor cukup parah, apalagi pengendara yang datang dari arah Paringin ingin ke Amuntai.

Berdasarkan pantauan di lapangan, lokasi titik longsor tepat berada ditikungan jalan, aspal dipinggirnya hampir separuh jalan ambruk.

Selain itu ambruknya aspal menyisakan lobang yang cukup besar, sehingga benar-benar harus waspada jika melalui lajur kiri jika mulai arah Paringin ke Amuntai.

Saat ini masyarakat setempat hanya bisa memberikan tanda dengan sebilah tongkat dengan digantungkan sebuah karung diatasnya.

Sudah dipastikan jika melintas dimalam hari tak ada penerangan yang memadai, pengendara juga dihimbau agar mengurangi kecepatan karena titik abmruknya aspal ditikungan.

Salah satu warga yang ditemui BPost, Tajudinnor menuturkan bahwa ambruknya aspal dijalan tersebut terjadi sejak pagi Senin (6/3/2017).

Menurutnya saat itu tiba-tiba saja ambruk dan hampir memakan separuh jalan, sehingga untuk menghindari hal yang tak diinginkan diberi tanda dengan sebilah tongkat.

Lebih lanjut dikatakannya, aspal tersebut ambruk diduga karena tak kuat lagi, pasalnya dibawah aspal ada saluran air untuk menyebrang ke sungai.

"Aspalnya sudah tak kuat lagi, dulu juga pernah berlobang tapi kalau ambruk seperti ini baru kali ini, soalnya air dibawahnya ini deras sekali akibat hujan tiga hari berturut-turut kemarin," jelasnya.

Warga asli Desa Kusambi Hilir ini khawatir jika tidak ditangani dengan cepat aspalnya yang ambruk akan meluas sehingga bisa memutus jalan. Oleh sebab itu ia mengharapkan pihak terkait segera menangani.

"Tolong buatkan jembatan Box Colvert aja biar kuat dan tak terjadi ambruk lagi, pasalnya dibawahnya ini saluran air, bila usai hujan deras sekali," harapnya. (*)

Penulis: Elhami
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved