Ingin Membeli Smartphone Android Baru? Kenali Dulu Apa Itu Produk Resmi, BM, dan Replika!

Di era teknologi ini, membeli smartphone Android tidak boleh langsung asal membeli, karena banyak istilah-istilah yang harus kita ketahui

kompas.com
smartphone 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Di era teknologi ini, membeli smartphone Android tidak boleh langsung asal membeli, karena banyak istilah-istilah yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Salah-salah, jika kita tidak mengetahui istilah-istilah ini, bisa-bisa kita ditipu.

Beberapa istilah yang pasti sering kita dengar adalah smartphone resmi, smartphone Black Market (BM), serta smartphone replika.

Apa maksud dari istilah-istilah tersebut? Berikut penjelasan dan ciri-cirinya.

Produk Resmi

Produk resmi adalah produk smartphone yang memang didistribusikan langsung oleh distributor resminya, dan dijual di berbagai toko handphone, baik toko handphone besar, ataupun sekelas counter.

Jika produk resmi, klaim untuk garansi bisa kita lakukan di service center resmi dari merek smartphone tersebut. Klaim ini seharusnya tanpa dipungut biaya.

Hal ini bisa dilakukan dengan catatan smartphone kita masih dalam masa garansi, belum dilakukan root (memodifikasi perangkat lunak), dan bukan karena faktor human error (terbanting, tercelup cairan, dsb.)

Salah satu ciri dari produk resmi yang bisa kita lihat adalah adanya stiker Pos dan Telekomunikasi (Postel) yang berbahasa Indonesia di boks smartphone tersebut, dan terdapat buku manual dalam bahasa Indonesia.

Produk Black Market (BM)

Smartphone BM adalah Handphone yang beredar secara tidak resmi, karena tidak melewati bea cukai, inilah mengapa namanya Black Market (Pasar Gelap).

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved