Pencak Silat

Para Pendekar Banua Bakal Miliki Padepokan

Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia Kalimantan Selatan (IPSI Kalsel) bakal berencana akan membangun padepokan yang bisa digunakan untuk tempat lati

banjarmasinpost.co.id/aprianto
(Ilustrasi) Kejuaraan pencak silat di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia Kalimantan Selatan (IPSI Kalsel) bakal berencana akan membangun padepokan yang bisa digunakan untuk tempat latihan dan arena pertandingan pencak silat.

Pembangunan Padepokan yang diusulkan ada dua alternatif tempat, dan diperkirakan realisasinya akan dilaksanakan pada tahun ini.

Sekretaris IPSI Kalimantan Selatan, Widarta Rachman, mengatakan sebelumnya rencana pembangunan padepokan diusulkan oleh Kontingen Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel di Komplek GOR Hasanuddin HM Banjarmasin

"Namun pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan mengarahkan atau mengusulkan pwmbangunan padepokan di eks Lapangan Tenis Jalan Jenderal Gatot Subroto Banjarmasin," ujarnya kepada BPost Online.

"Usulan ini sejak tahun 2016 bahkan sebelumnya pada 2013 kita sudah usulkan namun usulan ini diperbaharui lagi di tahun 2016, sejak zaman sekretaris daerah (Sekda), gubernur periode lama hingga gubernur yang sekarang ini, mudah-mudahan ditahun 2017 ini pembangunan padepokan Silat bisa terealisasi," paparnya.

Pria yang menjabat Wakil Kepala SMKN 3 Banjarmasin ini juga menambahkan, jika pembangunan padepokan Silat dibangun di kawasan Gatot Subroto Banjarmasin hal ini juga akan mudah diakses dari arah manapun karena tempatnya cukup strategis.

"Saya rasa pembangunan padepokan Silat di Gatot cukup strategis karena mudah diakses dari arah manapun baik dari Banjarmasin Utara, Selatan, Tengah, bahkan Barat, padepokan ini juga dilengkapi dengan tribun untuk menyaksikan pertandingan," imbuhnya.

Sidharta berharap semoga hajat masyarakat Persilatan di banua bisa terlaksana dengan baik mengingat Pencak Silat merupakan karakter dan budaya masyarakat kita. (banjarmasinpost.co.id/mariana)

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved