Ekonomi dan Keuangan

Aset BPD Seluruh Indonesia Capai Rp 529,19 Triliun, Naik Cuma 8,92 Persen

Sesuai data Statistik Perbankan Indonesia, kata dia, kinerja kredit BPD juga menunjukkan pertumbuhan cukup baik.

Aset BPD Seluruh Indonesia Capai Rp 529,19 Triliun, Naik Cuma 8,92 Persen
kontan
rupiah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kinerja Bank Pembangunan Daerah seluruh Indonesia (BPD-SI) dilihat dari aspek keuangan maupun operasional terus membaik.

Per Desember 2016, aset BPD-SI mencapai Rp 529,19 triliun, naik 8,92 persen dibanding posisi Desember 2015 yang mencapai Rp 485,86 triliun atau menempati peringkat kelima dalam perbankan nasional setelah BRI, Mandiri, BCA dan BNI.

Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) yang juga Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi mengungkapkan, kekuatan aset BPD seluruh Indonesia ini menunjukkan bahwa apabila BPD seluruh Indonesia bersinergi akan menjadi potensi kekuatan yang solid dalam persaingan industri perbankan nasional serta dapat memberikan kontribusi yang lebih optimal bagi perekonomian nasional, khususnya di daerah.

Sesuai data Statistik Perbankan Indonesia, kata dia, kinerja kredit BPD juga menunjukkan pertumbuhan cukup baik.

Pada Desember 2016, posisi kredit BPD mencapai Rp334,23 triliun atau meningkat 4,56 persen dibanding posisi Desember 2015 sebesar Rp319,66 triliun.

Sementara posisi Dana Pihak Ketiga (DPK) BPD seluruh Indonesia pada Desember 2016 mencapai Rp372,60 triliun, atau naik 5,87 persen dibanding Desember 2015 yang mencapai Rp351,96 triliun.

Meskipun perkembangan usaha BPD cukup baik, namun kontribusi terhadap perekonomian daerah masih terbatas, tercermin dari porsi kredit produktif masih relatif kecil, yaitu sebesar 29 persen.

Saat ini, kredit BPD sebagian besar masih pada sektor kredit konsumtif. Ketergantungan pada dana Pemda juga masih relatif cukup besar, yang mencapai 18 persen pada akhir Desember 2016.

Kresno Sediarsi menambahkan, Tabungan Simpeda merupakan salah satu produk pemersatu BPD seluruh Indonesia, di samping produk-produk dan layanan perbankan lainnya.

Tabungan Simpeda sebagai produk penghimpunan dana masyarakat, dalam perkembanganya terus mengalami peningkatan.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved