Breaking News:

Berita Balangan

Jumarto Bersiap Menjadi Penyuluh Agama Teladan Tingkat Provinsi

Lelaki kelahiran Barito Selatan, 3 Januari 1972 ini mengaku tak pernah menyangka bisa menjadi penyuluh agama teladan dan mewakili Balangan

Penulis: Elhami | Editor: Murhan
Jumarto Bersiap Menjadi Penyuluh Agama Teladan Tingkat Provinsi
Banjarmasinpost.co.id/Elhami
Jumarto

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Jumarto, Penyuluh Agama wilayah Kecamatan Tebing Tinggi bakal mewakili Kabupaten Balangan ke Provinsi Kalimantan Selatan dalam pemilihan penyuluh teladan.

Sebelumnya, dia telah menyandang prestasi sebagai Penyuluh Agama Teladan 2017 tingkat Kabupaten Balangan.

Lelaki kelahiran Barito Selatan, 3 Januari 1972 ini mengaku tak pernah menyangka bisa menjadi penyuluh agama teladan dan mewakili Balangan ke provinsi.

"Saya tak menyangka, dari 14 penyuluh agama di Balangan kemarin ditetapkan tiga orang termasuk saya, kemudian diseleksi lagi dan menjadi yang terbaik," ujarnya kepada BPost Online.

Menurutnya, proses seleksi di tingkat kabupaten harus membuat makalah, kemudian dipresentasikan menggunakan power point.

Adapun judul makalah yang dibuat adalah tentang Problematika Remaja di Kecamatan Tebing Tinggi. Dalam makalah tersebut ia menjelaskan terkait fenomena saat ini dimana zenit, miras dan narkoba semakin marak dikalangan remaja.

"Dalam makalah tersebut juga saya ceritakan solusi permasalahan ini harus menggunakan pendekatan agama," katanya.

Lulusan Pacsasarjana Jurusan Filsafat Hukum Islam di IAIN Antasari Banjarmasin ini lebih lanjut menceritakan bahwa diangkat menjadi penyuluh agama pada Oktober 2015 dan langsung ditempatkan diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi.

"Tantangan terbesar sebagai penyuluh agama itu adalah menyesuaikan diri dengan masyarakat, awalnya memang ada kendala, tapi akhirnya masyarakat mulai memahami," jelasnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukannya sebagai penyuluh agama adalah memonitor kegiatan majelis taklim di sembilan desa di Kecamatan Tebing Tinggi, paling tidak dalam seminggu sekali harus ada dikunjungi.

"Ya kami ceramah, sharing tentang agama dan persoalan apapun, tujuannya memberikan pemahaman agama kepada masyarakat," ungkapnya.

Selain itu ada kegiatan kerjasama dengan puskesmas setempat menggelar Gerakan Sayang Ulama, yaitu dimana ulama di Kecamatan Tebing Tinggi dikumpulkan lalu diperiksa kesehatannya secara gratis.

"Mulai periksa darah, kolestrol, gula darah, tujuannya agar ulama sehat dan panjang umur," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved