Finlandia akan Jadi Negara Pertama di Dunia yang Menghilangkan Semua Mata Pelajaran di Sekolah!

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa Finlandia adalah negara yang sistem pendidikannya menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Finlandia akan Jadi Negara Pertama di Dunia yang Menghilangkan Semua Mata Pelajaran di Sekolah!
intisari online
Finlandia akan Menghilangkan Semua Mata Pelajaran di Sekolah! 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa Finlandia adalah negara yang sistem pendidikannya menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Dalam berbagai ranking internasional, sistem pendidikan Finlandia selalu berada di 10 besar. Walau begitu, rupanya saat ini Finlandia sedang berupaya untuk melakukan perombakan besar-besaran di sistem edukasi mereka.

Finlandia berniat untuk menghilangkan semua mata pelajaran dari kurikulum sekolah mereka. Tidak akan ada lagi mata pelajaran fisika, matematika, bahasa, sejarah, atau geografi. Perubahan ini kemudian dijelaskan oleh Menteri Departemen Pendidikan mereka, Marjo Kyllonen.

Selama ini sekolah mengajar dengan cara yang tradisional dan sudah dipakai sejak tahun 1900-an. Sekarang, kebutuhan sudah berubah dan kita butuh sesuatu yang lebih cocok untuk abad ke-21. Alih-alih mengajarkan tiap mata pelajaran secara terpisah, siswa akan diajari untuk melihat satu fenomena dengan pendekatan interdisipliner.

Contohnya, Perang Dunia II akan dilihat dari perspektif sejarah, geografi, dan matematika. Lalu, siswa juga bisa mengambil kursus ‘Bekerja di Café’ untuk menyerap semua ilmu tentang bahasa, ekonomi, dan komunikasi.

Walau begitu, konsep ini tidak akan diterapkan untuk semua jenjang usia. Sistem pendidikan yang unik ini baru mulai diterapkan ketika siswa sudah berusia 16 tahun. Ide dari konsep ini adlah membiarkan siswa memilih topik atau fenomena terentu yang ingin dipelajari.

Dengan adanya sistem baru ini, diharapkan siswa bisa memilih kursus-kursus tertentu yang memang mereka minati dan sesuati dengan ambisi masa depan masing-masing. Diharapkan juga, siswa tidak perlu lagi mengikuti mata pelajaran tertentu seperti fisika atau kimia sambil terus berpikir, “Untuk apa aku memelajari dan mengetahui semua hal ini?”

Sistem belajar tradisional juga akan segera diubah. Tidak akan ada lagi sistem komunikasi guru dan siswa yang sangat kaku. Siswa tidak lagi duduk di belakang meja dan menunggu dengan cemas untuk dipanggil guru mengerjakan sebuah soal. Dalam sistem pendidikan yang baru ini, siswa lebih didorong untuk bekerja dalam kelompok kecil dan menyelesaikan sebuah masalah.

Pendidikan di Finlandia sangat mementingkan konsep kerjasama. Karena itu, perubahan ini juga akan sangat memengaruhi cara kerja guru. Sistem pendidikan baru ini tentu membutuhkan kooperasi guru yang jauh lebih besar karena mereka harus mengajarkan satu topik yang lintas mata pelajaran.

Demi menjamin kelancaran perubahan sistem pendidikan ini, sekitar 70% guru di Helsinki sudah mengambil kursus persiapan kerja yang baru. Di sini, mereka belajar untuk mempresentasikan informasi dengan cara unik. Tentu, dengan adanya perubahan besar-besaran ini, gaji mereka juga dinaikkan dengan cukup signifikan.

Seluruh perubahan sistem pendidikan ini diharapkan akan selesai pada tahun 2020.

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved