Breaking News:

Mulai Sekarang Biasakan Makan Kentang Tanpa Dikupas karena Kulitnya Berkhasiat Mengontrol Gula Darah

Sudah bukan jadi rahasia umum kalau kulit buah yang kadang dibuang orang justru mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Penulis: nurlembang | Editor: Eka Dinayanti
Mulai Sekarang Biasakan Makan Kentang Tanpa Dikupas karena Kulitnya Berkhasiat Mengontrol Gula Darah
net
Kentang

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sudah bukan jadi rahasia umum kalau kulit buah yang kadang dibuang orang justru mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Itu mengapa buah seperti apel, anggur dan pir disarankan untuk dikonsumsi bersama kulitnya.

Selain buah, kulit umbi-umbian seperti kentang ternyata juga punya banyak manfaat lho. Itu mengapa, di Negara maju seperti Amerika, kentang selalu dimasak tanpa dikupas. Lihat saja potato wedges dan baked potato yang menggunakan kentang utuh.

Namun begitu, hal ini belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Apalagi kulit kentang sering dalam keadaan berlumur tanah sehingga tampak kotor dan kemudian dikupas untuk dibuang. Akhirnya hanya daging kentang yang digunakan.

Hal tersebut tentu tidak salah karena daging kentang juga sudah mengandung banyak nutrisi. Tapi akan jauh lebih baik jika kulitnya ikut dimasak dan dimakan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh U.S. Department of Agriculture's National Nutrient Database pun membenarkan hal ini.

Mereka meneliti perbedaan nutrisi yang didapat manusia ketika mengonsumsi ketang tanpa kulit dan dengan kulit. Hasilnya, kentang yang tidak dikupas 70% lebih tinggi zat besi dan 35 % lebih tinggi kalium daripada yang dikupas.

Kentang yang tidak dikupas juga punya ekstra protein dan 3 gram karbohidrat lebih besar ketimbang yang dikupas. Mengonsumsi kulit kentang juga hanya akan menambah sekitar 15 kalori dari total 145 kalori yang dimiliki daging kentang.

Kentang yang dimakan bersama kulitnya akan lebih ampuh melancarkan pencernaan. Itu karena satu ons kulit kentang punya serat 5 kali lebih banyak dari pada satu ons daging kentang. Kentang yang dimakan bersama kulitnya juga kaya akan serat larut, jenis serat yang merangsang pencernaan dan meningkatkan proses pencernaan di usus.

Serat larut yang dimiliki kulit kentang ini ternyata juga ampuh mengontorol gula darah lho. Selama ini kentang dikatakan mengandung karbohidrat kompleks yang mudah diubah menjadi gula dan menyebabkan kadar gula darah meningkat, Serat larut yang dimiliki kulit kentang akan membantu mengurangi efek ini.

Serat larut bekerja membuat makanan dicerna perut lebih lama dan memperlambat gula masuk ke dalam darah. Akibatnya gula darah jadi terkontrol dan tidak langsung meningkat drastis setelah makan kentang.

Perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat baik dari kulit kentang ini, kita harus mencuci kulitnya sampai benar-benar bersih.

Gosok kulit kentang secara halus dengan sikat bersih sampai tidak ada lagi sisa tanah yang menempel.

Setelah itu kentang berkulit siap diolah menjadi apa saja mulai kentang goreng, semur kentang, kentang balado, dan masih banyak lagi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved