BPost Edisi cetak

Supriansyah Ciptakan Teknologi Pertanian, "Satu Blek Banih Cukup Satu Menit"

Teknologi baru ini menawarkan cara berbeda dari gumbaan generasi ke II sebelumnya. Selain tetap menggunakan tenaga surya

Supriansyah Ciptakan Teknologi Pertanian,
dokumen
BPost edisi Senin (10/4/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Warga Desa Mantimin Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan kembali menciptakan inovasi teknologi baru guna mempermudah dunia pertanian. Teknologi yang diberi nama Gumbaan Tenaga Surya Generasi 3 itu diberi merek Poro Technologies Mark III.

Teknologi baru ini menawarkan cara berbeda dari gumbaan generasi ke II sebelumnya. Selain tetap menggunakan tenaga surya yang terutama pompa anginnya lebih kencang sehingga mempermudah serta mempercepat pekerjaan bagi ingin membersihkan benih.

Selain itu bentuk dimensinya lebih minimalis, material terbuat dari aluminium lebih kuat dari kayu, tampilan lebih elegan, ringan, kuat, bisa pakai musik, charge hp, lampu emergency, serta pompanya lebih maksimal sehingga benih bersih.

Adalah Ahmad Supriansyah sosok penggagas dan perancang alat yang diklaim baru satu-satunya di Kalimantan Selatan. Awalnya, lelaki berusia 33 tahun ini melihat kekurangan dari gumbaan generasi ke II miliknya, terutama pompa angin tidak kuat sehingga ada benih tidak bersih.

“Berkaca dari itu saya bersama tim kembali melakukan inovasi, maka lahirlah gumbaan generasi ke III ini, intinya pompa anginnya lebih kuat sehingga benih dijamin bersih,” ujarnya.

Menurutnya dengan tenaga surya serta pompa angin yang kuat, hanya tinggal menumpahkan benihnya saja tanpa memutar lagi, bahkan bisa sambil bersantai mendengarkan musik.

“Gumbaan ini cara kerjanya menggunakan baling-baling yang digerakkan pompa, serta bodynya terbuat dari aluminium. Kemudahannya bisa dibawa kemana-mana,” ungkap Supriansyah yang juga aktif dipemerintahan Desa Mantimin sebagai Kaur Umum.di Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Senin (10/4/2017) dini hari.

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post hari ini, Senin (10/4/2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

BPost edisi Senin (10/4/2017)
BPost edisi Senin (10/4/2017) (dokumen)
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved