Berita Banjarbaru

Kepiting Ilegal Tujuan Balikpapan Akhirnya Dilepaskan ke Hutan Bakau

Untuk kasus kepiting terbaru tujuan Balikpapan itu, dikatakannya masih dalam proses penyelidikan.

Kepiting Ilegal Tujuan Balikpapan Akhirnya Dilepaskan ke Hutan Bakau
Istimewa/Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Banjarmasin melakukan pelepasliaran 223 kepiting betina bertelur dan 124 ekor kepiting ukuran kurang 200 gram di hutan bakau Batulicin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Banjarmasin melakukan pelepasliaran 223 kepiting betina bertelur dan 124 ekor kepiting ukuran kurang 200 gram untuk menjalankan amanah peraturan Permen KP Nomor 56 tahun 2016, Selasa (11/4/2017).

Pelepasliaran dilakukan di hutan Bakau perairan Batulicin. Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Banjarmasin, Hasim mengatakan, komoditi kepiting yang dilepasliarkan merupakan hasil sitaan yang sebelumnya dilakukan oleh petugas BKIPM wilker Batulicin. "Yang diduga akan dikirim melalui jalur darat ke daerah tujuan Kota Balikpapan," katanya.

Penerapan Permen KP No 56 Tahun 2016 merupakan upaya KKP untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan sumber daya perikanan khususnya spesies Lobster, Kepiting dan Rajungan di Indonesia.

Untuk kasus kepiting terbaru tujuan Balikpapan itu, dikatakannya masih dalam proses penyelidikan. Seperti diketahui, upaya pengiriman kepiting bertelur dengan ukuran 'raksasa' (undersize) kembali digagalkan melalui wilayah kerja Batulicin. Ratusan kepiting itu asal Kotabaru dengan tujuan Balikpapan.

"Diimbau agar masyarakat khususnya masyarakat perikanan baik nelayan penangkap. Maupun para pengusaha perikanan untuk dapat mematuhi aturan yang termuat Permen KP No 56 Tahun 2016 tentang penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan yang merupakan hasil revisi Permen KP No 1 Tahun 2015. Dan menekankan bahwa Law Enforcement terhadap pelanggaran akan ditegakkan oleh KKP khususnya BKIPM," tegasnya.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved