Breaking News:

Wow, Dulunya Paritan di Indrasari Merupakan Jalan Rel Kereta Batu bara

Ternyata di wilayah Indrasari Kecamatan Martapura Kota dulunya di jaman penjajahan Belanda pernah ada jalur kereta pengangkut batu bara.

Penulis: Hari Widodo | Editor: Elpianur Achmad
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Pambakal Indrasari, Ahmad Yani perlihatkan paritan yang tadinya jalur rel kereta pengangkut batubara. 

BANJARMASINPOST. CO. ID. MARTAPURA -Ternyata di wilayah Indrasari Kecamatan Martapura Kota dulunya di zaman penjajahan Belanda pernah ada jalur kereta pengangkut batu bara.

Sayangnya, jangankan rel kereta jalurnya lun telah menghilang baik karena berubah jalan maupun permukiman.

Namun di Desa Indrasari jalur rel kereta pengangkut batu bara itu masih terlihat. Meski tidak ada lagi bersisa rel, akan tetapi jalur berupa parit untuk rel ini masih terlihat.

Pambakal Indrasari, Ahmad Yani membenarkan masih adanya jalur rel kereta api di desanya.
Jalur tersebut, bebernya, berbentuk parit selebar 8 meter hingga 12 meter yang memanjang 1800 meter dari Jalan Sekumpul Ujung hingga ke Jalan SMAN 2 Martapura.

"Dulu tahun 1980 an Saya masih melihat besi rel kereta pengangkut batubara di jalur ini masih ada bersisa. Kalau sekarang, sudah hilang semua. Tersisa, parit rel saja," katanya.

Menurutnya, dahulu sejarahnya memang ada rel kereta pengangkut batubara melewati Desa Indrasari ini. Arahnya, ke Mandiangin dan bermuara di daerah Pesayangan.

Maka dari itu, di Pesayangan ada yang namanya Jalan Rel. Karena tadinya, disana memang jalan rel.

"Sayang jalur rel kereta batubara ini sudah menghilang ada yang jadi jalan dan ada juga jadi permukiman,"ungkap Yani. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved