Perhatikan Pemasangan Peralatan Listrik

Jika sudah bertemu libur panjang, yang sudah ada dipikiran hanyalah jalan-jalan. Yap, Anda dan keluarga pun bisa berwisata ke tempat favorit

Perhatikan Pemasangan Peralatan Listrik
ideaonline
Penempatan stop kontak, kabel, dan perangkat listrik lainnya, perlu diperhatikan betul. Jangan sampai membahayakan penghuni rumah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jika sudah bertemu libur panjang, yang sudah ada dipikiran hanyalah jalan-jalan. Yap, Anda dan keluarga pun bisa berwisata ke tempat favorit seperti snorkeling ke Pahawang, pergi ke Yogyakarta, atau bisa juga berlibur ke Semarang. Eits, yang berlibur di rumah alias gak kemana-mana, masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama lho! Seperti membuat dapur lebih cantik dengan papan tulis atau membuat kerajinan tangan yang lain.

Namun, berlibur atau tidak, yang harus dipikirkan juga adalah menjaga keselamatan. Contohnya, melakukan pemasangan perangkat listrik. Memasang perangkat listrik, mulai dari stop kontak, kabel, rumah lampu, hingga lampunya, bukan perkara sepele, lho. Banyak hal yang perlu diperhatikan, terutama soal keselamatan. Misalnya, Anda perlu memikirkan penempatan stop kontak, sebisa mungkin jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Ingin tahu hal-hal apalagi yang perlu diperhatikan?

Pastikan semua stop kontak dalam keadaan baik saat dipasang. Percikan api bisa jadi indikasi kerusakan. Kalau percikan ini sering terjadi, sebaiknya segera periksa dan perbaiki, jika perlu menggantinya dengan yang baru.

Kabel berserakan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi di rumah. Kalau memang banyak kabel panjang berserakan, segera rapikan. Gulung kabel yang terlalu panjang. Jika masih banyak kabel yang berseliweran, coba kelompokkan beberapa kabel, yang sumbernya berdekatan, kemudian rapikan dengan karet, benang, atau selotip.

Sebaiknya gunakan satu stop kontak untuk satu steker. Terlalu banyak perangkat yang mengakses satu stop kontak, dapat menyebabkan kelebihan beban. Tak jarang mengakibatkan kabel meleleh hingga hubungan arus pendek.

Perhatikan bola lampu di rumah. Jika sudah mulai berkedip dan warnanya menghitam, segera ganti dengan yang baru. Bola lampu demikian mengonsumsi energi lebih besar, tetapi menghasilkan cahaya yang redup.

Dengan memperhatikan perangkat listrik sebelum bepergian, kecelakaan pun dapat diminimalisir. Tidak hanya itu, kerugian yang nantinya akan ditimbulkan dari korslet listrik pun bisa diredam. Liburan pun akan jauh lebih tenang dan aman.

Editor: Edinayanti
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved