Mewujudkan Akses Pendidikan yang Merata dan Berkeadilan

Melalui pendidikan yang memadai dan bermutu seseorang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta terlibat aktif berkiprah di berbagai bidang.

Mewujudkan Akses Pendidikan yang Merata dan Berkeadilan
istimewa
NURYADIN, Pengajar IAIN Palangka Raya

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pendidikan merupakan hak dasar bagi setiap warga negara. Pernyataan tersebut bukan tanpa dasar.

UUD 1945 pasal 31 yang menyebut; setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, telah mengamanatkan pada negara (pemerintah) untuk aktif memberi kemudahan pendidikan bagi warganya, mulai jenjang pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Mengapa pendidikan dipandang krusial sekaligus hak dasar bagi bangsa Indonesia? Tak lain karena pendidikan merupakan modal penting dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Melalui pendidikan yang memadai dan bermutu seseorang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta terlibat aktif berkiprah di berbagai lapangan kehidupan sesuai kompetensinya.

Jika kita melihat kondisi pendidikan di Tanah Air saat ini barangkali akan terbayang suatu gambaran di mana sebagian dari maysyarakat di negara kaya raya ini masih belum mampu mengakses pendidikan secara merata. Terutama bagi mereka yang berada di zona wilayah pedalaman, terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Inilah salah satu problem pendidikan yang mesti dijadikan program prioritas pemerintah baik pusat terlebih di daerah bersangkutan.

Adanya ketidakmerataan pendidikan pada segi kuantitas maupun kualitas, disparitas atau kesenjangan antara pendidikan di daerah dengan pendidikan di wilayah perkotaan masih kalah jauh.

Infrastruktur, distribusi guru, kualitas SDM, dan kecakapan dalam akses informasi tertinggal dibandingkan di lembaga-lembaga pendidikan di perkotaan.

Karenanya, mewujudkan akses pendidikan secara merata dan berkeadilan diharapkan menjadi perhatian dan komitmen penuh pemerintah guna meminimalisir ketertinggalan, yang dapat berdampak pada daya saing bangsa.

Itulah penggalan opini yang diutarakan Nuryadin (Pengajar IAIN Palangka Raya) terkait persoalan pendidikan. Selengkapnya simak di Banjarmasin Post edisi, Sabtu (16/04/2017).

Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved