NEWS VIDEO

Warga Komplek Aldi Citra Persada RT 26 Mantuil Tolak Pembangunan TPS3R

Rencana Pemko Banjarmasin membangun TPS3R sampah di kawasan Komplek Aldi Citra Persada RT 26 Mantuil Banjarmasin Selatan diprotes warga setempat

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rencana Pemko diwakili untuk membangun TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle) di kawasan Komplek Aldi Citra Persada RT 26 Mantuil Banjarmasin Selatan mendapatkan protes sebagian warga, Minggu (23/4/2017).

Warga, terutama di Blok I yang rumahnya berdekatan di lokasi yang bakal didirikan TPS3R menolak rencana pembangunan tersebut.

TPS3R sendiri rencananya dibangun di tanah fasilitas umum (fasum) komplek yang saat ini masih berupa tanah kosong.

Warga sendiri sudah memasang spanduk protes terhadap pembangunan TPS3R.

Tak cuma itu, sebagian warga juga membubuhkan tandatangan bersama di spanduk menuntut menolak pembangunan TPS3R tersebut.

Fatimah, salah satu perwakilan warga yang menolak pembangunan TPS3R tersebut mengatakan, setidaknya ada 50 warga yang sudah membubuhkan tandatangan penolakan tersebut.

"Pada dasarnya, kami menolak karena kami merasa pembangunan TPS3R ini tanpa persetujuan semua warga. Termasuk kami. Kami tidak pernah merasa diundang saat rapat awal. Tiba-tiba diundang sudah mau berdiri saja. Kami juga tidak tahu awalnya apa itu TPS3R," katanya.

Alasan paling kuat, kata Fatimah adalah adanya kekhawatiran akan munculnya bau-bauan yang tidak sedap setelah TPS3R tersebut berdiri.

Pasalnya, lokasi pendirian TPS3R sendiri berada di kawasan pemukiman.

"Kalau memang ada dananya dari pemerintah mending cari di luar saja lokasinya, bukan di dalam komplek," katanya.

Tak cuma itu, warga juga takut nantinya bau juga muncul saat kendaraan pengangkut sampah lalulalang di komplek mereka. (*)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved