Nasib Jemaah Haul Sekumpul

[VIDEO] Jemaah Haul Sekumpul dari Lampung Telantar Tak Bisa Pulang, Dilaporkan Terbelit Utang

Sebanyak sepuluh orang mengaku jemaah haul Guru Sekumpul dari Lampung hingga saat ini tidak bisa pulang lantaran kehabisan uang dan terbelit utang

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sebanyak sepuluh orang mengaku jemaah haul Guru Sekumpul dari Lampung hingga saat ini tidak bisa pulang lantaran kehabisan uang dan terbelit utang.

Mereka yang terdiri dari enam orang dewasa dan empat anak-anak, dua hari ini terpaksa tinggal di aula Kantor Kelurahan Jawa, Selasa (26/4/2017).

Sebelumnya selama 23 hari mereka sempat tinggal dan makan di sebuah warung padang Doa Ibu di Jalan Sekumpul. Lantaran tidak punya uang, mereka pun terlilit hutang untuk biaya menginap serta makan sebesar hingga Rp17 juta di warung tersebut.

Karena tidak bisa memenuhi janjinya untuk membayar biaya menginap dan makan rombongan satu keluarga dari Lampung ini oleh pemilik rumah makan sempat dilaporkan ke Polsek Martapura Kota.

"Saya kesal sekali mereka makan di rumah makan saya tidur ngambil rokok sampai abis dagangannya. Ditotal hingga Rp17 juta semuanya yang habis. Tapi, selalu mereka selalu bohong nggak bayar-bayar. Makanya, saya lapor ke Polsek. Saya minta diproses karena saya takut ada lagi yang ketipu seperti saya. Mereka itu penipu bukan jemaah haul," kata Ny Nining pemilik rumah makan Padang Doa Ibu di Sekumpul dengan nada kesal.

Salah seorang anggota rombongan jemaah Haul, Awang Gudiarta (35) mengaku tidak bohong memang mereka benar datang dari Lampung satu rombongan dari lampung tiba satu minggu sebelum digelar haul Sekumpul.

Kami datang kesini memang untuk menghadiri acara haul Guru Sekumpul untuk mendapatkan berkah. Cuma, saat disini saudara minta kirimi uang untuk cuci darah sebesar Rp8, 5 juta janjinya dua hari di bayar.

"Tetapi, sampai sekarang belum juga dibayar. Rencana kami mau bayar pakai uang jual kebun. Besok, uangnya mau dikirim," kata Awang beralasan. (*)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved