Ajarkan Anak Bermain Musik, Kenapa Tidak?

Banyak sekali cara yang menyenangkan dan kreatif untuk memperkenalkan musik pada si kecil, tidak harus mahal dan mengeluarkan banyak uang

Ajarkan Anak Bermain Musik, Kenapa Tidak?
Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Musik adalah bahasa universal yang tidak hanya disukai orang dewasa tapi juga anak-anak.

Terutama untuk anak, musik sangat berperan baik dalam melatih konsentrasi dan kecerdasan anak. Karena itu, sekarang banyak orangtua yang mulai memperkenalkan dan mengasah keterampilan musik pada anak.

Banyak sekali cara yang menyenangkan dan kreatif untuk memperkenalkan musik pada si kecil, tidak harus mahal dan mengeluarkan banyak uang, cukup dengan kreatifitas dan imajinasi.

Fenty Nur Ismaya, seorang ibu yang sudah memperkenalkan musik kepada kedua anaknya, Muhammad Hendy Anugerah (15) dan Sachiko Puteri Felicia (10) sejak dini.

"Sejak umur lima tahunan mereka sudah diperkenalkan dengan musik. Saya memberikan pilihan kepada mereka alat musik apa yang mereka suka. Hendy suka musik klasik dan memilih biola sementara Chiko suka drum dan biola," ujar ibu dua anak ini.

Banyaknya jumlah sekolah atau tempat kursus musik di Banua membuat Fenty tidak sulit memasukan anaknya sesuai dengan pilihan mereka.

Khusus untuk Hendy memilih belajar biola di Purwacaraka, sementara Chiko belajar di rumah biola Arzeta Banjarmasin.

"Saya tidak memaksa keinginan mereka harus masuk kursus musik apa. Saya tidak ingin jika tidak sesuai keinginan akhirnya belajar musik menjadi kegiatan yang menyebalkan, membuang waktu dan uang. Sia-sia tidak akan tercapai dan potensi musikal anak mustahil terasah kan," kata Fenty.

Dalam hal mengajarkan musik kepada anak-anaknya, hal pertama yang perlu dilakukan mengenalkan musik.

"Kalau sudah kenal mereka sendiri yang minta. Seperti Hendy dia kan suka biola lalu ketika sering mengantar adik Chiko ke tempat lomba dia melihat ada sekolah Dj. Lalu minta juga kursus bersama Papah Black melalui sekolah Dj Stiletto. Ternyata dia sangat menjiwai Dj," tandas dia.

Jika mulai mengajarkan anak mencintai musik sebut Fenty akan lebih terbuka untuk menerima dan mempelajari lebih jauh segala hal yang berkaitan dengan musik.

Selain itu, seseorang yang mengenal musik dan kemudian memainkan musik akan menyadari bahwa musik sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Buktinya berkat musik Hendy dan Chiko mampu menuai prestasi membanggakan. Hendy kini selalu tampil mengisi acara hiburan besar dengan jadi Dj sementara Chiko berkat biolanya terpilih menjadi Galuh Berbakat 2017 di acara pemilihan Naga Cilik 2017.

Bagi Fenty usia sekitar lima tahun adalah usia yang tepat, karena pada usia ini usia emas untuk banyak belajar. "Hendy dan Chiko juga demikian di usia itu sudah saya mulai ajarkan," ujar dia.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved