Berita Kotabaru

Mulai Minggu Depan, Air Leding Disalurkan Bergilir

Ini dilakukan karena stok air baku Waduk Gunungulin yang terus menyusut disebabkan berkurangnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir ini.

Mulai Minggu Depan, Air Leding Disalurkan Bergilir
web
ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah memastikan, mulai minggu depan pihaknya memberlakukan distribusi air bersih secara bergilir.

Menurut dia, hal itu dilakukan sebagai upaya menghemat air baku agar saat krisis air bersih tidak separah tahun sebelumnya.

Sistem distribusi air bersih bergilir diperkirakan diberlakukan sejak awal pekan depan. Ini dilakukan karena stok air baku Waduk Gunungulin yang terus menyusut disebabkan berkurangnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir ini.

Waduk Gunung Ulin, untuk membantu suplai air diperkirakan hanya bertahan satu bulan.
Waduk Gunung Ulin, untuk membantu suplai air diperkirakan hanya bertahan satu bulan. (banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Jika sistem distribusi air bergilir tidak dimulai dari sekarang, dia khawatir krisis air bersih terjadi sama parah dengan tahun sebelumnya akibat stok air Waduk Gunungulin cuma 250 ribu kubik yang bertahan sebulan lebih.

Selain menghemat air baku Waduk Gunungulin, sistem distribusi bergilir ini agar pelanggan di wilayah ujung pipa distribusi seperti di Jalan Hasanudin yang berjumlah sekitar 600an pelanggan, tetap bisa mendapatkan suplai air bersih.

Berbeda dengan pelanggan di wilayah Batusalira dan sekitarnya yang dilayani instalasi pengolahan air (IPA) Gunung Tirawan, masih aman. Sebabnya, IPA Gunung Tirawan masih terbantu stok air waduk disana.

Hanya, kata Ipansyah, distribusi air bersih ke pelangggan wilayah Batusalira dan sekitarnya melalui IPA Gunung Tirawan belum mengoperasikan Waduk Gunung Tirawan. Karena waduk ini baru selesai dibangun dan belum ada serah terima ke kabupaten. (*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved