Pungutan Pendaftaran Siswa Baru

Orangtua Siswa Harus Siapkan Rp 350 Ribu untuk Tebus Baju Seragam

Proses penerimaan siswa sekolah dasar di Kota Banjarmasin sedang dibuka. Dalam prosesnya, diduga masih ada praktik pungutan kepada orangtua siswa.

Orangtua Siswa Harus Siapkan Rp 350 Ribu untuk Tebus Baju Seragam

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Proses penerimaan siswa sekolah dasar di Kota Banjarmasin sedang dibuka oleh beberapa sekolah. Dalam prosesnya, diduga masih ada praktik pungutan kepada orangtua siswa.

Seperti dikeluhkan salah satu orangtua siswa yang mendaftarkan anaknya di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Salah satu orangtua yang namanya enggan dikorankan menyebutkan, ada dana sebesar Rp 350 ribu yang harus disiapkan jika masuk ke SDN Mawar 2 Banjarmasin.

"Ada tadi diminta siapkan Rp 350 ribu. Katanya buat beli baju olahraga dan lainnya," terang orangtua tersebut, Selasa (9/5).

Dia diberitahu adanya uang tersebut saat mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut. "Pas daftar tadi. Cuma belum pang saya siapkan. Mudahan saja gratis buat anak saya," kata dia.

Saat dikonfirmasi perihal ini, Kepala SDN Mawar 2 Banjarmasin Zaini tegas menyangkal. Dia menyebut bila uang Rp 350 ribu tersebut sebagai uang pangkal. "Memang ada untuk menebus baju saja. Tapi bukan uang pangkal dan tidak wajib. Hanya bagi yang mampu dan kalau mereka sudah diterima saja," katanya.

Uang tersebut, kata Zaini dimaksudkan untuk membeli perlengkapan pakaian siswa seperti baju olahraga, baju batik dan baju sasirangan yang dipakai di tiap hari tertentu di SDN Mawar 2 Banjarmasin.

"Sekali lagi ini tidak wajib dan hanya bagi yang mampu dan mau membayar. Ini untuk keperluan siswa juga. Untuk perlengkapan lain seperti emblem, dasi, topi dan lainnya sudah disediakan secara gratis oleh sekolah.

Jika di SDN Mawar 2 Banjarmasin sedang ramai adanya pungutan, suasana berbeda justru ada di SDN Pasar Lama 1 di Jalan S Parman, Banjarmasin Tengah. Selasa (9/5) siang, sekolah itu diramaikan kedatangan puluhan orangtua berserta anaknya siang itu melaksanakan proses pendaftaran ke SDN Pasar Lama.

Ya, sesuai jadwal Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, selama dua hari mulai Selasa (9/5) sampai Rabu (10/5) dilaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD.

Rudi, salah satu orangtua yang mendaftarkan anaknya Raisa Putri di SDN Pasar Lama 1, mengaku pendaftaran cukup mudah. "Cuma memang mempersiapkan anak karena ada tes kepribadian. Ditanya nama orangtua, tinggal dimana dan lainnya untuk kemandirian anak di sekolah," kata dia.

Rudi berharap, anaknya bisa diterima lantaran dia sendiri bertempat tinggal di Kampung Arab yang notabene dekat dengan SDN Pasar Lama 1. "Kakak-kakaknya Raisa sekolah di sini juga. Jadi mudah mengawasi karena dekat dengan rumah," kata dia.

Ketua Pelaksana PPDB SDN Pasar Lama 1 Ummi Zulfikar Murni Setyaningsih menjelang, tahun ini menyediakan tiga kelas bagi murid baru dengan jumlah murid 28 per kelasnya. "Tidak ada tes akademik. Calon siswa hanya dites kemandirian supaya mandiri di sekolah," katanya.

Sejauh ini, dari 200 formulir yang disediakan, sudah sekitar 100 orang yang mendaftar di SDN Pasar Lama 1. "Perkiraan yang mendaftar sekitar 150 lebih. Tahun lalu saja mencapai 160 pendaftar," terangnya. (rmd)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved