Kriminalitas Banjarmasin

Wah, Megi Ternyata Kendalikan Peredaran 4 Juta Zenith di Banjarmasin

Tak kurang dari 24 jam polisi sudah mengetahui dua orang yang terlibat dalam kasus 4.080.000 butir pil Zenith, yang berhasil diamankan petugas.

Wah, Megi Ternyata Kendalikan Peredaran 4 Juta Zenith di Banjarmasin
Halaman 1 Harian Metro Banjar Edisi Selasa (23/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak kurang dari 24 jam polisi sudah mengetahui dua orang yang terlibat dalam kasus 4.080.000 butir pil Zenith, yang berhasil diamankan petugas gabungan terdiri atas Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Kalsel, Direktorat Narkoba Polda Kalsel, dan Bea Cukai, Minggu (21/5).

"Setelah kami melakukan pendalaman interogasi muncul nama Raihan Noor alias Azis yang bertugas mendistribusikan atau mengedarkan Zenith dan Megi Sugianto yang bertugas mengendalikan peredarannya," kata Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana, Senin (22/5).

Didampingi Kepala BNNP Kalsel Kombes Marsauli Siregar dan Direktur Narkoba Kombes Jimy A Anes, Rachmat mengatakan pihak akan mendalami siapa orang berada di atas Raihan dan Megi.

“Dari hasil pemeriksaan, penyuplai jutaan Zenith itu adalah seseorang berinisial Mr A. Sedangkan pemiliknya Mr B,” ujar Rahmat seraya menambahkan pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa uang senilai Rp 39 juta.

Rahmat mengatakan keberhasilan petugas menggagalkan jutaan Zenith masuk Kalsel ini tak lepas dari ketelitian petugas di lapangan.

“Sebanyak 4.080.000 butir pil Zenith tersebut disamarkan dengan tulisan kotak mainan. Padahal isi sesungguhkan adalah Zenith,” ujarnya.

Sebelum Zenith itu ditemukan, kata Kapolda, pihaknya menerima informasi ada barang selundupan akan masuk ke Kalsel.

“Informasi itu ditelusuri petugas gabungan. Diduga barang masuk ke Banjarmasin itu dibawa truk fuso nopol L 832 LR dengan menumpang kapal roro. Saat melakukan pengecekan, kami menemukan kardus. Ketika dibuka, kardus itu berisi Zenith,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, truk fuso berasal dari Surabaya, Jawa Timur, itu sempat diikuti petugas dari Pelabuhan Trisaksi ke Pasar Lima. Di tempat ini petugas mengamankan beberapa orang.

Kemudian petugas mengembangkan lagi penyidikan kepada orang-orang yang diduga akan mengambil barang. Selanjutnya polisi mengamankan sebuah mobil jenis Luxio. Dalam mobil itu terdapat empat bal yang juga berisi Zenith. Jumlah butirnya sekitar 80 ribu. (dwi)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved