Berita Kalteng

NEWSVIDEO : 76 Ribu Warga Kapuas Belum Rekam Data KTP Elektronik

Berdasarkan data, setiap per tiga bulan, usia masyarakat yang sudah genap 17 tahun pasti mengurus KTP, baik itu melalui kantor kelurahan atau desa

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Disdukcapil Kabupaten Kapuas Kalteng menerima kiriman 10 ribu keping blanko KTP Elektronik (KTP El) dari Kementerian Dalam Negeri. Kemudian dalam sebulannya, Disdukcapil Kapuas mencetak antara 150 sampai 200 keping KTP El.

Namun demikian hingga kini jumlah 10 ribu keping KTP El masih dirasa kurang. Sebab jumlan daftar tunggu yang belum melakukan perekaman cukup banyak.

Berdasarkan data, setiap per tiga bulan, usia masyarakat yang sudah genap 17 tahun pasti mengurus KTP, baik itu melalui kantor kelurahan atau desa, kecamatan bahkan ada yang datang ke Kantor Disdukcapil Kapuas.

Kepala Kantor Disdukcapil Kabupaten Kapuas, melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Sipie S Bungai, Selasa (23/5/2017) mengatakan masyarakat yang wajib KTP berjumlah 294.000 orang dan yang sudah terekam berjumlah 219.689 Sedangkan yang sudah dilakukan pencetakan berjumlah 76.000 keping.

Pada semester II tahun 2016, yang sudah silakukan perekaman berjumlah 299.300. Kemudian jumlah pemohon KTP yang sudah melakukan perekaman 216.687 serta mereka yang belum melakukan perekaman berjumlah 76 ribu. Sedangkan yang belum dilakukan perekaman berjumlah 76.000.

Sedangkan jumlah KTP yang sudah dilakukan pencetakan 214.487 keping."Pada akhir medio April kemarin kita menerima 10 ribu keping TKP, dan yang sudah digunakan berjumlah 7.000 keping KTP. Tetapi kalau kurang kami akan mengajukan permohonan ke pusat," katanya.

Dikatakan Sipie, dari 76 ribu KTP sebagian diantaranya berstatus ganda, sehingga pihaknya akan melakukan pengecekan ke lapangan bersama kepala desa atau kelurahan. Masalah ini disebabkan ada yang sudah pindah dan ada juga yang sudah meninggal dunia.

Diakuinya masih ada sekitar 20 ribu daftar tunggu dan pihaknya juga masih melakukan pengecekan di lapanga."Tim dari Dakduk sedang menyusuri perekaman dari desa ke desa. Saat ini Tim sudah menyusuri si Desa Lamunti, Kaladan, Sei Kapar serta Desa Katuntung dan Desa Mantangai," jelas Sipie.

Penulis: Jumadi
Editor: Murhan
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved