Berita Hulu Sungai Selatan

Pemadam Kebakaran se Daha Adu Ketangkasan

Mereka diadu kesigapan, ketangkasan dan kecepatannya dalam mempraktikkan melakukan aksi pemadaman kebakaran.

Istimewa
Suasana Lomba Ketangkasan Damkarhutla se Daha, Kabupaten HSS 2017 digelar di Lapangan Sepak Bola PT Subur Argo Makmur, Rabu (24/5/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Memaksimalkan persiapan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Hulu Sungai Selatan (HSS), Lomba Ketangkasan Damkarhutla se Daha, Kabupaten HSS 2017 digelar di Lapangan Sepak Bola PT Subur Argo Makmur, Rabu (24/5/2017).

Ada 32 tim pemadam kebaran (Damkar) se Kabupaten HSS yang mengikuti lomba ketangkasan ini. Masing-masing tim terdiri dari delapan orang dan dua orang tambahan sebagai cadangan.

Mereka diadu kesigapan, ketangkasan dan kecepatannya dalam mempraktikkan melakukan aksi pemadaman kebakaran.

Mulai dari mempersiapkan mesin pompa air, menggulung selang, melawati rintangan dan menyiramkan air ke titik sasaran.

Delapan orang masing-masing tim berbagi tugas saat menjalani perlombaan. Ada yang mengangkat mesin, menyiapkan selang dan mengarahkan sasaran sempuran air.

Titik api yang harus disiram oleh peserta lomba yakni dua gayung yang digantung di atas tiang. Tim yang paling cepat menjatuhkan tiang tercepat menjadi pemenangnya.

Panitia Lomba Ketangkasan Damkarhutla Se Daha Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2017, Udin mengatakan perlombaan itu dinilai dari kerjasama tim dan kecepatan waktu.

"Tim tercepat yang akan menjadi pemenangnya. Tim yang pertama menjatuhkan ember yang digantung akan menjadi pemenangnya," katanya.

Dengan adanya lomba itu, buka hanya untuk mencari tim terbaik namun diharapkan akan terjalin silaturahmi sesama damkar se Daha.

Penulis: Aprianto
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved