Serambi Ummah

Bersihkan Diri dengan Bermaaf-maafan Agar Puasa Tak Sia-sia

Ramadan hanya ada sebulan dalam setahun. Jika muslimin bisa memanfaatkan sebaik-baiknya bulan mulia ini dengan memperbanyak ibadah.

Bersihkan Diri dengan Bermaaf-maafan Agar Puasa Tak Sia-sia
Halaman D Serambi Ummah Edisi Jumat (26/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ramadan hanya ada sebulan dalam setahun. Jika muslimin bisa memanfaatkan sebaik-baiknya bulan mulia ini dengan memperbanyak ibadah, maka begitu besar ganjaran pahala dari Allah SWT. Tujuannya pun tak lain, yakni untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Bagaimana amalan selama Ramadan dan apa saja yang harus muslimin lakukan sebelum Ramadan tiba, berikut petikan wawancara dengan mubalig Kalimantan Selatan yang juga dosen UIN Antasari Banjarmasin, H Muhammad Abduh Amrie:

Ramadan 1438 H sebentar lagi kita masuki. Apa yang mesti kita sebagai muslimin lakukan sebelumnya agar beroleh berkah Ramadan?

Sebelum Ramadan, kita harus membersihkan diri dulu. Meminta maaf kepada keluarga, tetangga, teman. Ini sebagaimana hadis, Rasulullah tatkala berkhotbah, beliau mengaminkan tiga kali. Ketika para sahabat bertanya kenapa Rasulullah mengucap amin hingga tiga kali, jawab Rasulullah bahwa beliau mengaminkan doanya malaikat Jibril. Saat itu Jibril bertanya, wahai Muhammad maukah engkau mengaminkan doaku? Doa itu adalah bagi orang durhaka kepada orangtua maka tidak diampuni Allah SWT, termasuk ibadah puasanya tidak diterima.

Begitu juga bagi yang masih ada permusuhan antara saudara di Ramadan. Juga orang syirik kepada Allah SWT, maka puasanya sia-sia. Sebab itu marilah kita bermaafaan. Tidak bisa bertemu, bisa lewat telepon.

Saat Ramadan. Apakah ada doa dan zikir yang kita amalkan agar meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT?

Ya. Mantapkan dulu niat puasa sebulan penuh. Selanjutnya, sesuai hadis bahwa dianjurkan Rasulullah pada 10 hari pertama yang merupakan rahmat untuk membaca Allahummar hamna ya arhamar rahimin (Ya Allah, rahmatilah Kami, wahai Tuhan yang Memberi Rahmat).

Amalan untuk Ramadan 10 hari kedua dan ketiga?

Kemudian 10 hari kedua yang merupakan ampunan, baca Allahummaghfirlana zunubana ya rabbal alamin (Ya Allah, ampunkanlah dosa kami wahai Tuhan sekalian alam). Kemudian 10 hari ketiga, agar dijauhkan dari azab api neraka baca Allahumma innaka afuwwun karimun tuhibbul afwa fa’ fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan suka memaafkan, maka maafkanlah aku).

Selain itu, adakah amalan lain yang bisa kita lakukan?

Seperti amalan para ulama, perbanyak baca Alquran atau bertadarus dan rutin Tarawih. Selain perbanyak kebaikan, antara lain bersedekah, menolong orang kesusahan dan sebagainya. (dea)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved