Proyek Kereta Api Kalsel

NEWS ANALYSIS, Iphan R Radam: Belum Terlalu Terlambat

Pada kondisi normal kinerja jalan masih stabil. Tapi perlu kita ingat bahwa pertumbuhan lalu lintas yang cukup besar harus diantisipasi.

NEWS ANALYSIS, Iphan R Radam: Belum Terlalu Terlambat
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Minggu (28/5/2017) 

Oleh Pengamat Transportasi Iphan F Radam

BANJARMASINPOST.CO.ID - SAYA kira Kalimantan Selatan ini tergolong tidak terlambat karena kebutuhan transportasi memang harus disesuaikan dengan jenis daerahnya. Berdasarkan populasinya, khususnya Banjarmasin dan sekitarnya (Banjarbakula), yang akan berkembang menjadi kota metropolitan, memang perlu transportasi kereta api.

Namun jika saya ditanya apakah realistis target selama dua tahun program rel kereta itu rampung, maka saya kurang tahu dan tidak bisa menjawab bisa atau tidak karena itu teknis.

Namun apa pun itu, kan ada prakelayakan dan kelayakan, amdal, desain baru konstruksi

Sebenarnya bukan masalah pantas atau tidaknya lagi rel itu ada di Kalsel. Akan tetapi memang suatu kota apalagi akan menjadi metropolitan harus sudah mempersiapkan transportasi massal, dan orientasi transportasi massal ke depan itu adalah transportasi berbasis rel. Dalam artian lebih baik mencegah (disiapkan) daripada telanjur lalu lintas padat baru diperbaiki atau disediakan.

Pada kondisi normal kinerja jalan masih stabil. Tapi perlu kita ingat bahwa pertumbuhan lalu lintas yang cukup besar harus diantisipasi.

Jalur ke Tanjung saja, jika sudah lebaran, maka arusnya padat. Jadi sudah wajar kiranya disiapkan sedini mungkin adanya rel itu.

Intinya transportasi massal itu ada untuk menggantikan orang untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi. Dengan perpindahan penggunaan moda tersebut tentunya akan mengurangi pembebanan arus di jalan sehingga tingkat pelayanan jalan dapat dipertahankan baik.

Di sisi lain hal ini mengharuskan transportasi massal yang ditawarkan harus mengedepankan pelayanan yang baik. Dari beberapa penelitian aspek keselamatan, keamanan, utilisasi, dan kenyamanan menjadi aspek dominan yang diharapkan penumpang selain tentunya sudahh terjamin transportasi tersebut tepat waktu dan tarif terjangkau. (lis)

Baca Lebih Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Minggu (28/5/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved