Berita Banjarbaru

Ini Panduan Daftar SMP Secara Online di Banjarbaru, 90 Persen Jatah Kursi untuk Siswa Setempat

Sebesar 90 persen jatah kursi diprioritaskan untuk siswa yang berada di RT, kelurahan, dan kecamatan yang sama dengan alamat sekolah.

Ini Panduan Daftar SMP Secara Online di Banjarbaru, 90 Persen Jatah Kursi untuk Siswa Setempat
banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Ilustrasi- Penerimaan siswa baru secara online 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kabid Pembinaan SMP Disdik Banjarbaru Fathus Syar'i, Selasa (6/6) mengatakan, Zonasi mengutamakan perekrutan murid baru berdasar tempat tinggal terdekat. Sebesar 90 persen jatah kursi diprioritaskan untuk siswa yang berada di RT, kelurahan, dan kecamatan yang sama dengan alamat sekolah.

Sisanya, lima persen untuk calon siswa dari luar kecamatan dan lima persen lagi dari luar kota," katanya. Dengan zonasi akan terjadi pemerataan. Ini juga membantu SMP swasta untuk ikut bersaing.

Sekretaris Panitia PPDB Online SMP Banjarbaru, Simun mengatakan kemungkinan itu sudah jauh-jauh hari diantisipasi. Calon siswa diwajibkan membawa sertifikat UN dan KK (Kartu Keluarga).

"Kalau KK-nya tampak mencurigakan, sekolah dibantu kelurahan akan memverifikasi ke lapangan. Simun yang juga Kasi Kurikulum dan Kelembagaan SMP Disdik Banjarbaru ini mengatakan selain zonasi, hal baru lainnya dalam PPDB tahun ini adalah umur maksimal siswa.

"Sekarang batas umurnya 15 tahun. Dulu 18 tahun masih bisa. Jadi yang umurnya sudah lewat, dialihkan ke Paket B," pungkasnya.

Mengenai jatah kursi siswa baru, dari 14 SMP negeri tersedia 3.072 kursi. Ditambah sembilan SMP swasta non zonasi sebanyak 608 kursi. Untuk pendaftaran berlangsung 3-5 Juli, pengumuman 6 Juli dan pendaftaran ulang 7-8 Juli. (*)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved