Berita Balangan

NEWSVIDEO: Puluhan Kepala Keluarga di Trans Lajar Papuyuan Terima Bantuan Beras

Mereka mendapatkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah Kabupaten Balangan lewat Dinas Ketahanan Pangan karena dinilai status daerahnya terdampak.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - 90 kepala keluarga di daerah Trans Lajar Papuyuan, Kecamatan Lampihong bisa tersenyum lega, terlebih saat bulan puasa saat ini, setidaknya dalam sebulan persediaan beras dirumah dijamin pemerintah.

Mereka mendapatkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan karena dinilai status daerahnya sering terdampak banjir serta rawan pangan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin didampingi sejumlah pejabat di balai desa setempat, tak hanya itu bupati juga memberikan uang pribadinya kepada mereka serta guru honor komite masing-masing sebesar Rp 100 ribu, Rabu (7/6/2017).

Perwakilan warga, Aud Tahyudin mengucapkan sangat terima kasih kepada pemerintah, sebagai daerah yang sering dilanda bencana dengan adanya bantuan ini membuat warga semringah.

"Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan dan perhatiannya, dan kami juga berharap pemerintah terus berjuang untuk menyelesaikan persoalan yang ada di trans ini yaitu banjir," ujarnya.

Kadis Ketahanan Pangan, Rahmadi mengatakan, bantuan ini merupakan hak warga yang diatur sesuai undang-undang, warga yang sesuai dengan kreteria disebutkan tadi sudah disediakan pangan oleh pemerintah.

"Iya kriteria warga yang menerima bantuan ini mengalami bencana banjir, longsor, kebakaran, atau yang sehari-harinya tidak bisa mencari nafkah, nah trans lajar ini sudah diketahui sering terjadi bencana banjir, bahkan air tak mau surut," ungkapnya.

Disebutkannya jumlah penerima ada 90 kk dengan 1,4 ton beras keseluruhan untuk keperluan satu bulan.

Bahkan menurutnya pihak pemerintah berkeinginan membantu untuk keperluan dua bulan, namun karena persediaan berasnya terbatas, sehingga untuk keperluan satu bulan dulu.

"Jangan sampai digunakan untuk yang lainya, ini untuk makan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Balangan, H Ansharuddin berjanji setelah ini bakal ada lagi bantuan lainnya.

Dikatakanya persoalan yang selama ini dihadap oleh trans akan terus diupayakan dan diperjuangkan terutama saluran air.

"Bahkan persoalan ini sudah di sampai ke sekretariat negera dan dan mendapatkan respon," ujarnya.

Terkait infrastruktur yang bisa ditangani oleh pemerintah kabupaten, untuk jalan di upayakan 2018 akan di naikkan jalannya sehingga tidak terendam banjir lagi.

"Kemudian pada tahun ini juga air bersih bakal masuk ke trans, jadi bersabarlah dulu atas semua masalah yang ada," pungkasnya. (Banjarmain Post/Muhammad Elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved