Menikmati Kuliner Enak dari Ketinggian di Bali Sambil Memadang Air Terjun, di Sinil Tempatnya

Melewati 165 anak tangga barangkali terdengar melelahkan. Namun seperti kata pepatah: bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Menikmati Kuliner Enak dari Ketinggian di Bali Sambil Memadang Air Terjun, di Sinil Tempatnya
Tribun Bali
Wisatawan asing menikmati sajian dari resto Bumbu Asli sambil menikmati pemandangan air terjun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, GIANYAR - Melewati 165 anak tangga barangkali terdengar melelahkan. Namun seperti kata pepatah: bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Setelah melewati anak tangga tersebut Anda akan mendapat hadiah yang istimewa.

Pengalaman ini akan Anda temukan ketika berkunjung ke air terjun Tegenungan atau disebut juga air terjun Srogsogan. Belakangan air terjun ini cukup populer sebagai destinasi wisata.

Namun untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, Anda harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan.

Setelah puas melihat pemandangan air terjun, Anda pun kembali berhadapan dengan tangga untuk bisa pulang. Perjalanan menaiki tangga ini, menurut kebanyakan orang lebih menguras tenaga.

Beruntungnya sebelum mencapai puncak, Anda bisa menemukan sebuah tempat peristirahatan yang nyaman.

Namanya adalah Bumbu Asli International Warung. Di tempat ini Anda bisa duduk santai sejenak sambil menikmati makanan ataupun minuman yang tersaji di sana.

Di restoran ini pun Anda bisa kembali menyaksikan keindahan air terjun Tegenungan.

Meskipun dari jauh air terjun terlihat mengecil, namun keindahan dan kemegahan lembah yang mengelilinginya bisa menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Sambil melepas lelah dan bersantai, ada baiknya jika mengisi perut dengan makanan. Restoran ini menyajikan beberapa menu khas Indonesia, Asia, dan Western.

Minuman dan camilan dessert juga dapat Anda temui di tempat ini.

"Menu khas Indonesia kami sajikan dalam masakan rendang dan trio satay. Trio satay maksudnya memadukan tiga jenis sate yang berbeda, yaitu sate ayam, ikan, dan babi. Sate ikan kami sajikan dalam bentuk sate lilit, sedangkan ayam dan babi dagingnya ditusuk. Trio satay ini dihidangkan bersama sayuran, nasi putih, saus kacang, dan chili lemongrass sauce," ujar Putu Sudiastawa, pemilik sekaligus executive chef Bumbu Asli.

Selain itu masakan khas Thailand semisal tom yum tersedia di sini. Tom yum memiliki cita rasa pedas-asam yang asyik dicoba.

Menurut Putu Sudiastawa, cita rasa masakan Thailand cenderung mirip dengan Indonesia.

Mereka mengolah rempah sebagai penyedap makanan. Hal inilah yang membedakannya dengan masakan Western yang kebanyakan mengandalkan rasa dari cream dan mentega.

Chicken fagitas khas Meksiko misalnya. Selain garam dan merica, rasa didapat dari hasil campuran paprika, oregano, dan lime sauce. Keju mozarela dan daun ketumbar pun ditambahkan sebagai penguat aromanya.

Dari bahan-bahan tersebut dapat dilihat jika menu ini tidak begitu mencampurkan banyak rempah seperti halnya menu Indonesia.

Ciri khas fagitas juga terletak pada adonan pembungkusnya, yaitu kulit tortilla yang tipis dan legit. Di Bumbu Asli, kulit tortila dibuat secara homemade dengan bahan utama terigu.

Setelah jadi, kulit tortilla tidak perlu dimasak lama, cukup dipanggang hingga ada beberapa titik yang terlihat mencokelat.

Jika dipanggang terlalu lama, maka kulit tortila akan sulit digulung. Bersama fagitas, biasanya hadir pelengkap berupa shower cream, tomato salsa, dan juga guacamole (alpukat).

Menu dessert pun bisa Anda coba sebagai selingan atau jika sedang tidak ingin menyantap makanan berat.

Dadar gulung merupakan rekomendasi yang patut dicoba. Meskipun kerap dijumpai sebagai jajanan pasar, namun dadar gulung ala Bumbu Asli memiliki perbedaan.

Gula yang dipakai adalah gula madu, sehingga rasa manisnya tidak nyangkut di tenggorokan. Tekstur kulit dadar dan kelapanya pun dibuat lebih legit.

Aromanya juga harum. Ditambah lagi, dadar gulung disajikan dengan garnis cantik yang membuatnya terasa lebih nikmat ketika dicicipi.

Selain makanan, minuman segar di Bumbu Asli patut untuk dicoba. Dengan mengonsumsi minuman ini, diharapkan rasa lelah ketika menaiki 165 anak tangga bisa hilang.

Tears in heaven, minuman campuran santan, pisang, madu, orange juice dan stroberi akan membuat Anda kembali bersemangat.

"Meskipun namanya mengandung unsur tears (air mata) namun minuman ini sangat segar ketika diminum. Nama tears in heaven sesungguhnya mengacu pada penampilan biji buah stroberi. Ketika semua ramuan diblend, biji stroberi akan terlihat seperti tetesan air mata," jelas Putu Sudiastawa.

Temukan Keunikan Rasa Baru

Pemilik sekaligus executive chef Bumbu Asli, Putu Sudiastawa, merupakan juru masak berpengalaman. Ia pernah memasak untuk restoran, hotel berbintang, hingga kapal pesiar. Ia pun pernah menjabat sebagai kepala chef.

Di tahun 2016 ia memutuskan untuk membangun restoran yaitu Bumbu Asli.

Pembangunan restoran ini, menurut Putu Sudiastawa menjadi sarana baginya untuk bereksperimen.

"Dari pengalaman sebagai chef di beberapa tempat, saya telah belajar banyak hal tentang dunia kuliner. Kuliner adalah ruang yang penuh dengan kemungkinan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan keunikan rasa yang baru," ujar Putu Sudiastawa.

Putu Sudiastawa pun rajin mencari info kuliner dari internet dan buku. Terkadang inspirasi datang setelah melihat menu baru yang ia rasa menarik. "Apa yang sudah saya pelajari kemudian dikembangkan lagi menurut versi saya," ungkapnya.

Hobi eksperimen itulah yang membuat Bumbu Asli memiliki beberapa menu yang barangkali belum pernah dikenal sebelumnya.

Dessert berupa black rice coconut and strawberry panna cota misalnya merupakan penggabungan antara jajanan tradisional Bali dan menu luar.

Perpaduan kedua hal berbeda itu rupanya dapat menyatu dalam sebuah sajian. Begitu pula dengan minuman ginger lemongrass lemonade yang terinspirasi dari banyaknya tanaman sereh yang tumbuh di sekitar restorannya.

Selain rasa dan penampilan, kesehatan makanan menurut Putu Sudiastawa sangat penting.

Maka dari itu ia tidak menambahkan penyedap rasa berbahan MSG dalam masakannya. Ia juga enggan menambahkan pengawet sintetis. (*)

Bumbu Asli
Alamat: Kawasan Wisata Air Terjun Tegenungan, Banjar Tegenungan, Kemenuh, Gianyar
Jam buka: Setiap hari, 09.00 - 19.00 Wita
Menu Makanan
Chicken Fijatas Rp 55.000
Tom Yum Soup Rp 40.000
Bumbu Asli Fish & Chips Rp 70.000
Trio Satay Rp 60.000

Dessert:
Black Rice Coconut & Strawberry Panna Cotta Rp 45.000
Dadar Gulung Rp 40.000
Minuman:
Tears in Heaven Rp 30.000
Ginger Lemongrass Lemonade Rp 30.000

Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved