Berita Nasional

Catat! Program Bagi-bagi Lahan Dimulai Usai Lebaran, Kalsel Juga Kebagian

Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan, pembagian lahan akan dilakukan di Bangka Belitung.

Catat! Program Bagi-bagi Lahan Dimulai Usai Lebaran, Kalsel Juga Kebagian
kontan
Presiden Joko Widodo memegang sertifikat tanah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kabar baik, pemerintah menyatakan segera merealisasikan program reforma agraria, bagi-bagi lahan yang pernah dijanjikan. Rencananya, pembagian lahan mulai dilakukan usai Lebaran. Bukan hanya itu, pemerintah juga akan mulai menggencarkan program perhutanan sosial.

Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan, pembagian lahan akan dilakukan di Bangka Belitung. Total luasan lahan yang akan dibagikan mencapai 12.000 hektare.

Sementara untuk perhutanan sosial, akan dilakukan di 15 titik. Titik- titik itu antara lain, Purwakarta seluas 1.836 hektare dan Pemalang seluas 699 hektare. "Selain itu, ada juga di Tanahlaut, Pelawan, Musi Rawas," katanya di Komplek Istana Negara, Kamis (8/6).

Darmin Nasution, Menko Perekonomian mengatakan, agar program reforma agraria yang dilaksanakan nantinya bisa berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pemerintah menempuh beberapa kebijakan. Pertama memberikan panduan mengenai tanaman yang perlu ditanam.

"Katakanlah satu kluster isi 100 hektare, 10 hektare untuk sayuran, sisanya harus tanaman komersial, apakah itu jagung, cabai, melon atau apa," katanya.

Selain itu, pemerintah juga akan menyiapkan infrastruktur paska panen, seperti lumbung. Pemerintah juga akan menggandeng pengusaha untuk membeli produk pertanian masyarakat. "Kami akan minta pengusaha jadi off taker dan kami akan awasi dan mereka tidak boleh jadi pemilik," katanya.

Sementara itu, untuk membantu permodalan, pemerintah juga telah menyiapkan KUR untuk mereka.

Berita ini dipublikasikan kontan.co.id dengan Judul "Usai Lebaran, program bagi-bagi lahan dimulai"

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved