Berita Banjarmasin

NEW ANALYSIS: Hak Versus Kebijakan

Nah, di Kalsel tahun ajaran 2017 akan diberlakukan kebijakan zonasi yang sebenarnya sudah berlaku secara alami. Dalam sistem zonasi perlu diperhatikan

NEW ANALYSIS: Hak Versus Kebijakan
dokumen
BPost edisi Jumat (9/6/2017) 

Ersis Warmansyah Abbas, Pengamat Pendidikan Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID - SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, penerimaan lulusan sekolah dasar (SD) di sekolah menengah pertama (SMP) pada tahun ajaran 2017-2018 menjadi perbicangan masyarakat, khususnya orangtua. Hal yang wajar mengingat orangtua menginginkan anaknya bersekolah di sekolah negeri yang bagus. Sekalipun tidak sedikit sekolah swasta sangat bagus.

Nah, di Kalsel tahun ajaran 2017 akan diberlakukan kebijakan zonasi yang sebenarnya sudah berlaku secara alami. Dalam sistem zonasi perlu diperhatikan beberapa hal.

Pertama, menghalangi “kemerdekaan” warga negara memilih sekolah yang disukainya. Pilihan individual tidak sepantasnya ditimpa oleh kebijakan. Tetapi, bagi pengelola pendidikan ini pilihan yang mengacu demi pemerataan.

Kedua, secara teoritik, sistem zonasi dimaksudkan keterbagian input sekolah. Agar siswa-siswa potensi tidak menumpuk di sekolah tertentu. Akibatnya, bukan tidak mungkin “pematian” perkembangan siswa potensial.

Ketiga, mendaratkan kebijakan pada pemertaan bisa berakibat buruk bagi konsep ekselensia. Sepanjang sejarah pendidikan di dunia, konsep sekolah bagus, bahkan terbagus, merupakan cita-cita. Bahkan, siswa-siswa potensial (cerdas dan berbakat) disekolahkan di sekolah khusus sebagai keniscayaan.

Keempat, untuk itu pemerataan zonasi bagus, tetapi jangan lupa, membangun sekolah bagus dengan manjemen bagus, guru bagus, fasilitas bagus dengan anak-anak unggul tidak kalah bagus. Persoalan zonasi penerimaan siswa hanyalah soal hilir.

Artinya, zonasi oke, tetapi jangan mematikan sekolah bagus. Ingat: Sekolah unggulan tidak salah. Ingat, kita pernah mengembangkan sekolah bertaraf internasional, lho. (kur)

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post, Jumat (9/6/2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

BPost edisi Jumat (9/6/2017)
BPost edisi Jumat (9/6/2017) (dokumen)
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved