Pengumuman Kelulusan SBMPTN

NEWS ANALYSIS, Praktisi Pendidikan, H Dahri : Berikan Peluang PTS

Buktinya, mereka di dalam memperebutkan kesempatan kerja, cukup bisa bersaing. Semisal STKIP PGRI lulusanya bisa terserap jika ada penerimaan guru.

NEWS ANALYSIS, Praktisi Pendidikan, H Dahri : Berikan Peluang PTS
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Selasa (13/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seleksi penerimaan mahasiswa baru ni, bukan satu-satunya jalur masuk perguruan tinggi negeri. Masih banyak perguruan tinggi lain yang kualitasnya tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri.

Buktinya, mereka di dalam memperebutkan kesempatan kerja, cukup bisa bersaing. Semisal STKIP PGRI lulusanya bisa terserap jika ada penerimaan guru.

Jika dilihat, tolak ukur bukan hanya masuk dan banyaknya mahasiswa saja, tetapi sejauh mana serapan atau alumni dari lulusan dapat mampu terserap di dunia kerja. Bahkan, di perguruan tinggi swasta yang sudah bekerja sama dengan perusahaan dan seperti jaminan yang lulusannya sudah disiapkan lapangan pekerjaan, semisal di STIMIK dan sejensinya.

Kami hanya bisa mengimbau kepada ULM, kalau penerimaan juga dipikirkan untuk swasta. Pasalnya, dari tahun ke tahun semakin banyak dan semakin kecil peluang masuk di perguruan tinggi swasta. Selalu saya tanya dalam hati mereka yang akan kejar itu apa? Banyak dari jalur Mandiri jalur SB dan jalur undangan dan sejenisnya. Kalau hanya mengejar pagu dari pusat, saya rasa kurang pas.

Sebab, keberadaan perguruan tinggi negeri akan lebih bermakna jika bisa membina dan ikut membesarkan perguruan tinggi swasta. Bukan justru"mencekik" swasta. Sekarang ini perguruan tinggi swasta juga merasa sama-sama nasibnya dan merasakan sulitnya mencari calon mahasiswa seiring bertambahnya daya tampung di negeri.

Belum lagi, UIN Antasari yang juga melakukan pembukaan pendaftaran yang sama membuka lebar peluang. Alangkah baiknya juga sama membimbing perguruan tinggi swasta yang juga bersama-sama mengembangkan dunia pendidikan. (lis)

Baca Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Selasa (13/6/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved