Berita Banjarmasin

Bakhtiar Perpanjang Waktu Pendaftaran, SMAN 7 Kekurangan 77 Calon Siswa Baru

Karena hingga pendaftaran ditutup pada Rabu (14/6), jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota sehingga pihak sekolah memperpanjang masa pendaftaran.

Bakhtiar Perpanjang Waktu Pendaftaran, SMAN 7 Kekurangan 77 Calon Siswa Baru
Halaman 13 Harian Banjarmasim Post Edis Cetak Jumat (16/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis zonasi, tak hanya membuat orangtua siswa kelimpungan karena banyak sekolah yang dipilih tak sesuai harapan. Ternyata hal yang sama juga dialami para guru dan kepala sekolah, lantaran jumlah pendaftar tak sesuai harapan. Bahkan sekolah yang selama ini dikenal favorit pun kekurangan siswa baru.

Misalnya dialami SMAN 2 Banjarmasin. Karena hingga pendaftaran ditutup pada Rabu (14/6), jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota sehingga pihak sekolah memperpanjang masa pendaftaran melalui online hingga Sabtu (17/6) besok

Di SMAN 2 Banjarmasin masih ada 77 kursi yang tersisa. Hal ini berbanding terbalik dengan hari sebelumnya, karena suasana SMAN 2 Banjarmasin siang itu ramai diserbu pelamar. Uniknya, beberapa siswa yang sudah diterima di sekolah lain nekad mendaftarkan dirinya ke SMAN 2 Banjarmasin.

Ini dilakukan setelah mereka mendengar masih adanya kursi kosong di SMAN 2 Banjarmasin.

Seperti beberapa siswa yang sudah diterima di SMA PGRI 3 Banjarmasin, namun tetap mendaftar di SMAN 2 Banjarmasin. "Iya ka katanya masih ada kursi kosong. Makanya daftar, dan nilai kami pun masih cukup," kata salah satu siswa yang namanya enggan dikorankan.
Namun oleh pihak panitia, mereka tak diperbolehkan lagi mendaftar.

Kepala SMAN 2 Banjarmasin Bakhtiar mengatakan, berdasarkan keputusan dalam rapat dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel semalam, pihaknya diminta untuk membuka lagi keran pendaftaran hingga Sabtu (17/6) mendatang. "Ada 77 kursi dalam zona yang masih kosong dan diminta untuk diisi dari peserta luar zona," katanya.

Diakuinya pendaftar langsung membeludak begitu PPDB tahap dua dibuka. Namun, syarat yang diajukan agak sedikit ketat, dimana peserta yang sudah dinyatakan diterima di sekolah lain bisa mendaftarkan kecuali ada pernyataan dari sekolah sebelumnya.

"Kalau sudah diterima di sekolah lain, bisa daftar kalau ada surat pernyataan dari sekolah asal. Kalau tidak ada, tidak boleh lagi," katanya.

Sementara peserta luar zona yang sudah diterima sebelumnya, dipastikan aman. "Mereka yang diterima di sesi dua ini saja yang akan dirangking lagi. Kalau yang sudah diterima aman, tidak akan kena imbas," ujarnya.

Sementara di SMAN 1 Banjarmasin yang masih ada kuota 17 kursi, tak lagi membuka pendaftaran. Ketua Pelaksana PPDB Online SMAN 1 Banjarmasin, Arbainsyah mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, untuk mengisi kuota yang kosong hanya dengan memasukkan pelamar dari luar zona yang tidak diterima.

"Jadi tinggal dirangking saja pelamar luar zona yang tidak diterima sebelumnya, begitu keputusannya. Jadi tidak lagi buka pendaftaran," kata dia. (rmd)

Baca Lengkap di Harian Banjarmasim Post Edis Cetak Jumat (16/6/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved