Berita Kabupaten Banjar

Suara Dentuman Tak Terdengar, Kapolsek Tenggelamkan Satu Meriaman Karbit di Martapura

Hingga siang ini, sama sekali tidak terlihat aktivitas untuk menyiapkan meriaman karbit oleh warga di sejumlah desa di bantaran Sungai Martapura.

Suara Dentuman Tak Terdengar, Kapolsek Tenggelamkan Satu Meriaman Karbit di Martapura
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Petugas Polsek Martapura Timur memasang garis polisi di salah satu meriam karbit milik warga. 

BANJARMASINPOST. CO. ID. MARTAPURA - Meriaman Karbit yang biasa selalu meramaikan suasana malam takbiran tahun ini agaknya benar-benar tidak terdengar di sepanjang kawasan bantaran Sungai Martapura di Kecamatan Martapura Timur.

Hingga siang ini, sama sekali tidak terlihat aktivitas untuk menyiapkan meriaman karbit oleh warga di sejumlah desa di sepanjang bantaran Sungai Martapura.

Terlihat, meriaman karbit berupa pipa-pipa besi berukuran diameter 40 hingga 50 centimeter menumpuk di pinggir Jalan Pekauman maupun di Jalan Kampung Melayu.

"Dilarang kita tidak berani. Kemarin, ada yang sudah pasang. Cuma sama polisi ditenggelamkan ke sungai," ujar seorang pemuda di Pekauman.

Kapolsek Martapura Timur, Iptu H Suwarji membenarkan hingga siang ini tidak lagi ada aktifitas untuk mengaktifkan meriaman karbit.

Suasananya, kondusif. Tadi malam, pihaknya bersama Shabara Polres Banjar juga patroli hingga pukul 02.00 wita aman saja semuanya berjalan lancar.

"Sejauh ini semuanya kondusif. Mudah-mudahan sesuai harapan kami tidak ada yang memainkan meriaman," katanya.

Suwarji membenarkan, sehari sebelumnya terpaksa menenggelamkan sebuah meriaman karbit di Desa Pekauman Ulu yang sudah siap terpasang mengarah ke Desa Mekar.

Saat ditanya, siapa yang memasang tidak ada yang mengaku. Akhirnya, pihaknya bersama petugas Polsek Martapura Timur memutuskan menenggelamkannya ke Sungai.

"Meriaman itu dipasang tengah malam oleh sekitar 20 orang oknum warga. Warga lain tidak berani menegur khawatir terjadi gesekan," ujarnya.(*)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved