Breaking News:

Berita Martapura

Ibu Ini Malah Senang Meriam Karbit Tak Ada Lagi di Kampungnya

Bendahara Desa Melayu, Alfi mengatakan, di Desa Melayu sejak dua tahun lalu sudah tidak ada meriam karbit.

Penulis: Hari Widodo | Editor: Murhan
Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo
Suara meriam karbit di Desa Melayu Ulu Kecamatan Martapura Timur, berganti dengan lampu hias. 

BANJARMASINPOST.CO.ID.MARTAPURA – Suara memekakkan telinga dari meriam karbit ataupun perang petasan tahun ini di Desa Melayu Ulu Kecamatan Martapura Timur, tidak lagi terdengar.

Desa itu pun di sepanjang malam takbiran terasa hening. Namun, Desa setempat tetap terasa meriah dengan hiasan warna-warni lampu hias di pintu gapura dan di sepanjang gang di desa setempat.

Hingga tadi malam, indahnya warna-warni malam hari dengan lampu hias di gapura antara RT di sepanjang gang di Desa Melayu masih bisa dilihat. Warga pun mengaku justru gembira menikmati malam Idul Fitri.

Warga Rt 2, Enor mengaku gembira tahun ini bisa menikmati malam Idulfitri di rumahnya. Setiap tahun, dia terpaksa harus mengungsi membawa anak dan cucunya ke rumah keluarga.

“Himung benar (senang sekali) tidak ada suara petasan ataupun meriam karbit tahun ini. Saya bisa tidur di rumah mempersiapkan diri merayakan Idul Fitri,”ujar Enor.

Bendahara Desa Melayu, Alfi mengatakan, di Desa Melayu sejak dua tahun lalu sudah tidak ada meriam karbit. Tetapi, tetap saja warga tidak bisa tidur tenang karena meriam karbit berubah menjadi perang petasan.

Tahun ini, meriam karbit atau petasan ditiadakan. Warga melalui Karang Taruna membangun empat gapura dibatas empat RT dan secara swadaya kemudian menghias dengan lampu warna-warni sehingga suasana didesanya pada malam hari menjadi hidup.

“Desa kami justru semarak pada malam hari karena disepanjang gang di desa dihias lampu warna-warni. Lampu hias itu, swadaya dari warga kami. Dulunya, biasa warga menyumbangkan buat beli karbit atau petasan. Tahun ini, kami menyumbang untuk beli lampu hias,” ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved