Berita Kaltim

Kajati Kaltim Sebut Dua Tersangka Kasus Hibah APBD Rp 18,5 Miliar, Satu Oknum Pegawai Pemprov

TSS disebut-sebut sebagai penerima hibah yang diduga untuk ketiga yayasan. Sedangkan F adalah sebagai penjabat verifikasi berkas hibah.

Kajati Kaltim Sebut Dua Tersangka Kasus Hibah APBD Rp 18,5 Miliar, Satu Oknum Pegawai Pemprov
tribunkaltim.co/budhi hartono
Kepala Kejati (Kajati) Kaltim, Fadil Zumhana Siregar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Fadil Zumhana merilis penetapan dua tersangka kasus dana hibah yang bersumber dari dana APBD Kaltim Rp 18,5 miliar untuk ketiga yayasan pada tahun anggaran 2013 lalu. Dua tersangka yang di tetapkan Kejari Kutai Barat yakni TSS dan F.

TSS disebut-sebut sebagai penerima hibah yang diduga untuk ketiga yayasan. Sedangkan F adalah sebagai penjabat verifikasi berkas hibah. Kemungkinan F adalah pegawai di Biro Sosial Pemprov Kaltim.

"Sudah ditetapkan tersangka. Yang pertama penerima hibah inisialnya TSS. Yang kedua F dari provinsi. Itu hasil penyidikan Kejari Sendawar (kubar), baru dua tersangka," kata Fadil, sebelum meninggalkan kantor Kejari Kaltim, di Jalan Bung Tomo, Samarinda, Rabu (19/7/2017).

Dugaanya ada penyimpangan dari dana hibah yang dikucurkan dari Pemprov Kaltim senilai Rp 18,5 miliar. Kedua sudah dimintai keterangan sebagai saksi. "Sebagai tersangka belum," katanya.

Fadil menegskan, kepada tim penyidik Kejari Kubar agar mempercepat penyelesaian perkara tersebut. "Saya minta dua bulan ini sudah naik ke pengadilan," tegasnya.

Indikasi lainnya, permohonan dana hibah untuk tiga yayasan tersebut sedianya akan dibangun sekolah menengah kejuruan (SMK). Namun faktanya, dari tiga bangunan di Kecamatan Sendawar, Kutai Barat, dua diantaranya hanya berdiri beberapa tiang pancang dan sebuah bangunan gedung yang mangkrak.

Hanya berupa tiang tiang pancang saja. Satu bangunan lagi, kondisinya masih setengah jadi. Harusnya dengan dana sekian (Rp 18,5 M) ketiga bangunan itu selesai. Diduga ada penyimpangan-penyimpangan itu terjadi bukan pada saat proses tahapan pemberian tapi pada penggunaannya juga.(bud)

Berita ini sudah tayang di Tribunkaltim.co berjudul: Kajati Kaltim Sebut Dua Tersangka Kasus Hibah, Satu Tersangka Pegawai Pemprov

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved