Berita Tanahlaut

Pengguna Jalan Tidak Tertib, Jalan Datu Insad Kerap Macet

Seorang Polantas mengatur pengguna di Jalan Datu Insad, Kelurahan Angsau,Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, yang kerap dilanda kemacetan.

Pengguna Jalan Tidak Tertib, Jalan Datu Insad Kerap Macet
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Seorang Polantas mengatur pengguna di Jalan Datu Insad, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, yang kerap dilanda kemacetan, Jumat (21/7/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Seorang Polantas mengatur pengguna di Jalan Datu Insad, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, yang kerap dilanda kemacetan, Jumat (21/7/2017).

Kemacetan lalu lintas padat merayap itu terjadi saat jam pulang para siswa sekolah. Di lokasi kemacetan dekat pintu gerbang bertulis Selamat Datang di Kawasan Perkantoran Pemrintah Kabupaten Tanahlaut itu terdapat lembaga pendidikan, Tsanawiyah Negeri 2 Tanahlaut dan SDN Angsau 4.

Tidak sedikit orangtua siswa dan walimurid yang menjemput buah hatinya menunggu sembari memarkir kendaraan roda atau roda empatnya di bahu jalan.

Akibat tidak tertib memarkir kendaraan berakibat terjadi penyempitan jalan. Padahal, ruas jalan itu lalulintas kendaraan jenis mobil pribadi dan angkutan umum dari Banjarmasin ataupun sebaliknya dari Kotabaru atau Batulicin.

Yunus, warga Tanahlaut, berharap pihak sekolah harusnya melakukan antisipasi sebelum terjadi peristiwa kecelakaan yang tidak diinginkan semua pihak.

"Caranya menempatkan petugas satuan pengaman di sekolah itu untuk berjaga di pintu gerbang sekolah dan mengatur siswanya keluar atau pulang.

Begitu juga manajemen sekolah bekerjasama dengan instansi berwenang memberikan sosialisasi pentingnya keselamatan berlalulintas.

"Kampanye utamakan keselamatan berlalulintas itu penting. Jalan Datu Insad itu milik umum bukan milik pribadi atau golongan sehingga tidak semaunya memotong jalan atau melintas gowes berlawanan arah," harapnya. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved