Berita Tanahlaut

Bunda Nunung Rela Tinggalkan Rumah Demi Anak Sekolah Cinta Buku

Bunda Nunung rela meninggalkan rumah demi mendekatkan anak sekolah di pelosok Provinsi Kalimantan Selatan agar cinta buku.

Bunda Nunung Rela Tinggalkan Rumah Demi Anak Sekolah Cinta Buku
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Bunda Nunung aktif menyemangati anak cinta buku 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Demi mendekatkan anak sekolah di pelosok Kabupaten Tanahlaut, Provinsi Kalimantan Selatan agar cinta buku, rombongan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) turun ke pelosok Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanahlaut, selama tiga hari dua malam.

Padahal, bagi sebagian orang, akhir pekan atau weekend adalah waktu bersama keluarga atau quality time bersama anak dan istri atau suami.

Namun, tidak bagi rombongan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalsel dan tim pasukan Cinta Palnam, meski harus tidur beralaskan terpal di satu ruang kelas belajar.

Ya, selama dua hari, Jumat dan Sabtu (21-22/7) sejumlah sekolah taman kanak-kanak dan sekolah dasar serta sekolah menengah pertama dikunjungi tim pasukan Cinta Palnam.

Dua unit mobil minibus bertulis Perpustakaan Keliling setia menunggui siswa dan siswi memilih buku yang mereka baca hingga selesai.

Tak hanya itu, siswa yang tidak mendapatkan koleksi buku karena terbatas, tidak resah karena dihibur oleh pendongeng dari Kampung Dongeng Intan Kalsel, Enik Mintarsih dengan bonekanya.

Kepala Dinas Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dra Hj Nurliani Dardie menjelaskan kunjungan ke Kecamatan Jorong itu merupakan program terbaru instansinya.

Terobosan itu diakui pejabat yang dilantik Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada 31 Maret 2017 lalu itu dalam mendukung visi dan misi Gubernur Kalsel, yaitu Kalsel Cerdas.

Menurutnya sudah risikonya bersama tim pasukan Cinta Palnam, menginap di ruang kelas belajar agar lebih dekat dengan suasana sekolah yang memang sudah disurvei oleh tim pasukan Cinta Palnam.

"Keberadaan kami solusi bagi anak sekolah atau masyarakat umum yang jauh dari toko buku. Kami juga ingin mendekati masyarakat dan anak sekolah di pelosok agar mencintai buku," ujar sosok wanita aktif yang akrab disapa Bunda Nunung ini.

Agar tidak monoton, perempuan yang akrab disapa Bunda Nunung ini melakukan kolaborasi dengan Kampung Dongeng Intan Kalsel untuk bersama melakukan program roadshow Kalsel Cerdas 2017.

Kepandaian Bunda Nunung ditularkan kepada pengunjung yang berwisata di Pantai Asmara Desa Muara Asamasam. Nunung mengajari seni melipat kertas atau origami.

"Buku banyak rusak karena siswa rebutan dan rasa lelah kami melayani terbayar karena antusiasme anak anak membaca buku," tutupnya. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved