Psikologis

Ini Cara Agar Anak Kembali Semangat ke Sekolah dari Pakar

Namun hal ini malah perlu diantisipasi oleh orangtua ketika anak selesai liburan dan kembali ke sekolah.

Ini Cara Agar Anak Kembali Semangat ke Sekolah dari Pakar
Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Fajeri Haika
Selain diajarkan pelatihan kepemimpinan dan kedisiplinan, anak-anak Sekolah Dasar (SD) Kanaan juga diajak bermain atau games, Jumat (17/3/2017) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sukma Noor Akbar dari Psikolog dan Ketua Pelayanan Psikologi (UKPP) FK ULM mengatakan liburan merupakan situasi yang sangat menyenangkan, anak menjadi bebas untuk bermain, malas-malasan, tidak mengerjakan tugas maupun kondisi lain yang membuat anak lepas dari rutinitas.

Namun hal ini malah perlu diantisipasi oleh orangtua ketika anak selesai liburan dan kembali ke sekolah.

Anak terkadang masih kerap terbawa sindroma liburan seperti tidur larut malam, malas bangun pagi, sarapan lambat, malas untuk berangkat sekolah dan bahkan tidak semangat saat menjalani aktivitas di kelas.

"Ketika liburan sebaiknya orangtua tetap perlu memperhatikan organisasi waktu yang berbeda hanya anak tidak sekolah namun pengaturan waktu anak seperti bangun pagi, tidur dan aktivitas edukasi anak yang ringan tetap perlu orangtua lakukan," sebut dia.

Seminggu sebelum masuk sekolah anak diharapkan di biasakan kembali rutinitasnya agar anak tidak kaget ketika liburannya usai.

Semangat anakpun perlu ditumbuhkan dengan melibatkan anak membeli keperluan-keperluan sekolah yang dirasa di butuhkan seperti buku tulis, buku gambar, tas sekolah, pakaian sekolah dan lain sebagainya.

Anak juga perlu di ajak berkomunikasi bahwa liburan akan berakhir dan mengingatkan kembali kegiatan-kegiatan menyenangkan di sekolah, masa bermain dengan teman-teman, belajar bersama dan aktivitas-aktivitas lainnya. (*)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved