Breaking News:

Murid SMPN 16 Banjarmasin Ini Tetap Feminin Meski Aktif Latihan Karate

Tak heran, kini banyak cewek yang berlatih bela diri seperti karate, pencak silat, dan taekwondo. Semua itu mereka lakukan agar mampu menjaga diri.

istimewa
MURID SMPN 16 Banjarmasin aktif latihan karate. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perundungan terhadap perempuan hinga kini masih kerap terjadi, termasuk di sekolah.

Tak heran, jika kini banyak cewek yang berlatih bela diri seperti karate, pencak silat, dan taekwondo. Semua itu mereka lakukan agar mampu menjaga diri.

Begitu juga dengan Nafa Gina dan rekan-rekannya dari SMPN 16 Banjarmasin. Mereka memilih berlatih bela diri Inkai FKTI (Federasi Karate Tradisional Indonesia) di sekolah setempat.

"Latihan karate banyak manfaatnya. Juga bisa bikin sehat dan bugar serta menambah teman," ucap Nafa, Minggu (23/7/2017).

Nafa menuturkan melalui latihan karate, setidaknya dirinya bisa menjaga diri dari gangguan laki-laki yang suka jahil dan melecehkan perempuan.

"Di koran dan televisi, saya sering melihat peristiwa pelecehan terhadap perempuan. Karenanya, sejak masuk SMPN 16, saya langsung bergabung dan aktif ikut latihan karate," tandas murid kelas IX I ini.

Pemegang sabuk biru ini mengatakan dirinya juga ingin menoreh prestasi di dunia karate. Ia suka mengikuti kejuaraan karate yang levelnya tak hanya di wilayah Kalimantan Selatan, tapi hingga nasional dan bahkan internasional.

Beberapa hari lalu Nafa mengikuti seleksi untuk menghadapi Kejurnas FKTI tingkat nasional. Cuma langkahnya hanya sampai pada tahap kedua. Pada seleksi pertama, ia menang atas kakak kelasnya.

Namun pada babak kedua, ia kalah oleh karateka asal Banjarbaru yang memegang sabuk cokelat. "Saya harus lebih giat lagi berlatih supaya mampu menoreh prestasi dimasa mendatang," ucap Nafa.

Murid SMPN 16 Banjarmasin lainnya, Nurmadina, juga sangat menyukai karate. Baginya, banyaknya keuntungan yang didapat jika aktif berlatih karate seperti badan kian sehat.

"Aktif latihan karate juga tak mempengaruhi sisi feminin saya sebagai perempuan. Bahkan saya lebih pede setelah ikut bela diri ini," tandas murid kelas VIII B ini.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Senin (24/07/2017).

(syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved