Ikasba Cari Formula Jaga NKRI Lewat Seminar

Ikasba Kalsel akan menggelar seminar Kebudayaan dan Kebangsaan Indonesia di Gedung Mahligai Pancasila, Kamis (27/7/2017) pagi hingga siang.

Ikasba Cari Formula Jaga NKRI Lewat Seminar
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Pengurus Ikatan Kekeluargaan Antar Bangsa (Ikasba) Kalsel bersilaturahmi dan berfoto bersama dengan Pimpinan Umum Banjarmasin Post Group HG (P) Rusdi Effendi AR, Rabu (26/7/17). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pengurus Ikatan Kekeluargaan Antar Bangsa (Ikasba) Kalsel rencananya akan menggelar Seminar Kebudayaan dan Kebangsaan Indonesia, Kamis (27/7/17) pukul 09.00 Wita sampai 13.00 Wita, di Gedung Mahligai Pancasila.

"Seminar ini mengangkat tema dengan menghayati nilai- nilai kearifan budaya nusantara untuk membentuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai," kata Ketua Ikasba Kalsel, Gusti Satrya Dharma bersama pengurusnya saat bersilaturahmi dengan Pimpinan Umum Banjarmasin Post Group HG (P) Rusdi Effendi AR, Rabu (26/7/17).

Satrya berharap dengan seminar ini semua pihak akan mengerti karena Ikasba ini bersentuhan langsung dengan masyarakat karena ini ada tokoh-tokoh atau ketua suku dari berbagai suku. Nah, dalam seminar ini akan hadir dari ormas, suku-suku bangsa dan dunia pendidikan untuk menjaga NKRI ini.

"Kita tahu sekarang di media sosial gambarnya beda dengan isi. Dan banyak lagi paham-paham kurang jelas. Seminar ini ingin menyikapi kondisi perkembangan media sosial agar ke depannya masyarakat Kalsel itu cerdas dan bijaksana menyikapi berbagai problem," ujarnya.

Ditambahkanya, ada 32 suku di Indonesia yang telah bergabung dengan Ikasba Kalsel dan terdaftar secara resmi di Kesbangpol. Dalam seminar ini akan dihadiri tokoh-tokoh masyarakat Kalsel dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalsel

"Jadi semua elemen masyarakat diharapkan bisa hadir di seminar ini dan bisa memberikan solusi untuk menjaga NKRI itu seperti apa," tegas Satrya.

Lebih lanjut Satrya menyatakan Ikasba Kalsel sudah sering menggelar seminar dengan tema yang berbeda-beda. Nah, dalam seminar Seminar Kebudayaan dan Kebangsanaan Indonesia ini nantinya juga akan mengutamakan kearifan lokal.

Menurut Satrya, pada pertengahan Agustus menyambut HUT Kemerdekaan RI, Ikasba akan menggelar pagelaran seni dan budaya akbar. Dalam event ini akan dipertunjukkan tari-tarian, kuliner, puisi dan musik dari semua provinsi di Indonesia.

"Selain seni dan budaya dalam event ini juga digelar berbagai hiburan. Tentu bukan sekedar pagelaran seni saja, tentu ada maknanya. Saat ini kita sedang melakukan survai lokasi untuk diselenggarakan pagelaran seni dan budaya akbar ini ," kata Satrya.

Ikasba Kalsel, sambung Satrya, meminta dukungan Banjarmasin Post untuk suksesnya acara
Seminar Kebudayaan dan Kebangsanaan Indonesia. Pimpinan Umum Banjarmasin Post Group HG (P) Rusdi Effendi AR, siap memberikan dukungan penuh agar seminar tersebut bisa terselenggara dengan lancar. (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved