Berita Tanahlaut

Inilah 10 Tuntutan Forum Anak Indonesia di Kabupaten Tanahlaut

Halaman Kantor Bupati Tanahlaut di Jalan Anang Syairani, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, rindang.

Inilah 10 Tuntutan Forum Anak Indonesia di Kabupaten Tanahlaut
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Halaman Kantor Bupati Tanahlaut di Jalan Anang Syairani, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, rindang. Tak heran banyak orangtuanya bersama anaknya memilih duduk bersantai, Sabtu (29/7/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Halaman Kantor Bupati Tanahlaut di Jalan Anang Syairani, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, rindang. Tak heran banyak orangtua bersama anaknya memilih duduk bersantai.

Warga berharap rindang dan hijaunya rumput di halaman Kantor Bupati Tanahlaut itu agar dipertahankan karena dinilai ramah anak.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanahlaut, Luffiati Uyun membenarkan pihaknya masih berkoordinasi untuk mewujudkan Pelaihari sebagai kota ramah anak.

Ia mengaku semua tuntutan anak Indonesia di Kabupaten Tanahlaut perlu keterlibatan semua pihak untuk merealisasikan suara anak Indonesia di Kabupaten Tanahlaut.

"Saya berencana membangun rumah singgah bagi anak sebagai pelaku maupun sebagai korban tindak pidana kriminalitas. Itu agar selama proses hukum, anak tidak bersama pelaku berusia dewasa. Sudah ada puluhan kasus yang ditangani dinas kami berkaitan dengan anak sebagai korban kekerasan dan juga sebagai pelaku tindak pidana," ujarnya, Sabtu (29/7/2017).

Berikutnya ini, 10 tuntutan anak Indonesia di Kabupaten Tanahlaut agar diwujudkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanahlaut dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah secepatnya.

1. Tingkatkan akses pembuatan akta kelahiran terkhusus di daerah pelosok.
2. Tingkatkan peran forum anak dalam pembangunan dan libatkan dalam berbagai proses pembangunan.
3. Tingkatkan upaya pencegahan perkawinan usia dini.
4. Ciptakan kota layak anak dan pola asuh keluarga ramah anak.
5. Tingkatkan pengendalian terhadap peredaran narkoba dan psikotropika serta lindungi anak dari iklan, promosi, sponsor dan asap rokok.
6. Tingkatkan fasilitasi kesehatan untuk anak, melalui puskesmas dan rumah sakit ramah anak. Perbaiki gizi buruk pada anak.
7. Tingkatkan kualitas pendidikan melalui sekolah ramah dan sekolah bebas kekerasan terhadap anak.
8. Tingkatkan internet sehat bagi anak melalui kelengkapan fasilitasnya terutama pada daerah pelosok.
9. Tingkatkan pembelajaran dan keterlibatan siaga untuk anak di daerah rawan bencana.
10. Lindungi anak dari segala bentuk eksploitasi dan kekerasan terhadap anak.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved