Berita Balangan

Periksa Golongan Darah Cukup Satu Kali untuk Seumur Hidup

Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Periksa Golongan Darah Cukup Satu Kali untuk Seumur Hidup
elhami
Kegiatan di Puskesmas Tanah Habang, Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Seiring dengan GERMAS yang sedang digalakkan, maka Puskesmas Tanah Habang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan pun melakukan satu gerakan yang cukup kreatif yaitu Gerakan Satu Untuk Selamanya.

Gerakan ini diprakarsai oleh petugas laboratorium atau sekarang dikenal dengan nama Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Puskesmas Tanah Habang Umi Tri Harwati, dan didukung penuh oleh Kepala Puskesmas Tanah Habang Nurhilaliyah, SKM serta dukungan dari Camat Kec. Lampihong Drs. Amir Mahmud, MM.

Kepala Puskesmas Tanah Habang Nurhilaliyah, SKM mengatakan, Gerakan Satu Untuk Selamanya merupakan kegiatan pelayanan laboratorium yaitu pemeriksaan golongan darah dengan pemasangan stiker di rumah masyarakat sebagai penanda golongan darah dengan dipasang/ ditempel di depan rumah (pintu atau kaca rumah) dengan tujuan mudah dilihat.

Menurutnya, mengetahui golongan darah merupakan salah satu bentuk persiapan calon pendonor darah bagi masyarakat yang memerlukan karena perdarahan yang diakibatkan oleh penyakit, kecelakaan ataupun persalinan.

"Pelaksanaan gerakan ini juga terpadu dengan kegiatan program Puskesmas lainnya seperti Pospindu," ujarnya.

Lebih lanjut, Gerakan Satu Untuk Selamanya ini ingin mengajak atau menstimulasi inisiatif desa/ masyarakat untuk berperan aktif dalam bentuk kemitraan sebagai upaya pembangunan yang berkesinambungan yang merupakan suatu rangkaian pembangunan yang atau menyeluruh terarah dan terintegrasi/ terpadu, termasuk di antaranya pembangunan bidang kesehatan.

"Mengetahui golongan darah tidak hanya sebagai pelengkap kartu identitas. Golongan darah wajib kita ketahui karena dapat mencegah risiko kesehatan, membantu orang dalam keadaan darurat, dan dalam pengambilan keputusan penting," jelasnya.

Diketahui bahwa gerakan ini mulai dilaksanakan pada tahun 2017 dengan diawali kegiatan advokasi dan sosialisasi dan dilakukan secara bertahap, tahun pertama dilaksanakan di desa Jimamun kecamatan Lampihong dengan sasaran masyarakat (usia ≥ 14 tahun) dengan tempat pelaksanaan kegiatan di lapangan/desa dan di Puskesmas Tanah Habang (ruangan laboratorium)

Adapun dalam penyelenggaraan Gerakan Satu Untuk Selamanya dilakukan secara kemitraan seperti pembiayaan untuk cetak stiker dan kartu golongan darah yang berasal dari dana desa.

Adanya Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang berlaku di Kabupaten Balangan juga sangat bermanfaat dalam mendukung kegiatan pelayanan kesehatan termasuk Gerakan Satu Untuk Selamanya karena masyarakat Balangan yang ingin berobat tidak dipungut biaya (gratis) dengan syarat mempunyai Kartu Tanda Penduduk Kabupaten Balangan/ Kartu Keluarga Kabupaten Balangan/ Kartu Jamkesda.

"Dari data hasil yang kegiatan yang sudah dilaksanakan sampai sekarang didapatkan hasil 40.78 % masyarakat yang sudah memeriksakan golongan darah dan stiker yang terpasang," ungkapnya.

Bahkan berkat program Gerakan Satu Untuk Selamanya ini Puskesmas Tanah Habang mewakili Kabupaten Balangan untuk penilaian Ahli Teknologi Laratorium Medik Teladan Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan Tahun 2107 dan terpilih menjadi Teladan II.

"Dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk mencapai Indonesia Sehat," pungkasnya.(Muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved