Info Haji

Ada Banyak Kursi Roda dan Kursi Lipat di Masjid Nabawii, Jemaah Uzur Tak Perlu Khawatir

Fasilitas ini bisa dipakai kapan saja dan tersedia di banyak pintu gerbang masuk. Selain itu ada juga kursi lipat yang jumlahnya mencapai ribuan.

Ada Banyak Kursi Roda dan Kursi Lipat di Masjid Nabawii, Jemaah Uzur Tak Perlu Khawatir
Kemenag.go.id
Kursi lipat yang tersedia di Masjid Nabawi untuk keperluan jemaah haji. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MADINAH -- Berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi jemaah haji tersedia lengkap di Masjid Nabawi. Bahkan bagi jemaah yang sudah uzur dan penyandar disabilitas disediakan banyak kursi roda.

Fasilitas ini bisa dipakai kapan saja dan tersedia di banyak pintu gerbang masuk. Selain itu ada juga kursi lipat yang jumlahnya mencapai ribuan di berbagai tempat di dalam masjid.

Dikutip dari situs Kemenag RI, berdasarkan data Siskohat Jemaah haji Indonesia tahun ini yang berusia 61 tahun ke atas mencapai 52.746 orang atau sekitar 26%.

Nah, bagi jemaah haji udzur dan berusia lanjut yang sedang berada di masjid Nabawi tidak perlu khawatir. Mereka dapat memanfaatkan kursi roda dan kursi lipat dengan leluasa. Bahkan kursi roda juga bisa dibawa masuk ke dalam masjid.

Jemaah yang tidak kuat berdiri terlalu lama saat sholat berjamaah juga dapat menggunakan kursi lipat yang banyak tersedia. Tentu jemaah harus mengembalikan kursi lipat yang telah dipakainya ke tempat semula. Dengan ketersedian berbagai fasilitas di Nabawi semoga dapat membantu jemaah haji beribadah lebih nyaman dan khusyu’.

Di dekat pintu masuk dan dekat tiang masjid juga tersedia rak tempat menaruh sandal para jemaah sehingga tidak perlu lagi harus membawa alas kaki ke saat beribadah. Tentus saja Masjid Nabawi juga menyediakan air minum zam-zam di kiri kanan jalan masuk masjid.  Ada dua jenis pilihan zam-zam, dingin dan netral.

Fasilitas ini memang sangat membantu jemaah. Zam-zam misalnya, banyak dimanfaatkan oleh jemaah haji untuk sekedar minum di tempat dan bahkan untuk “isi ulang” botol mereka.

Tidak jarang pula ada jemaah yang mengisi “sprayer” dengan zam-zam. Ya, air minum dan air penyemprot wajah memang sangat penting bagi jemaah, mengingat saat ini cuaca Madinah sangat panas. (*) 

Penulis: Elpianur Achmad
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved