Sempat Berseteru, Dua Teman Lama Ini Didamaikan Polisi

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete memerintahkan anggotanya menyelesaikan masalah dua pria yang berseteru secara kekeluargaan, Minggu (6/8/2017)

Sempat Berseteru, Dua Teman Lama Ini Didamaikan Polisi
banjarmasinpost.co.id/abdul ghani
Suasana proses perdamaian antara kedua belah pihak yang semula sempat salah paham di Mapolsek Martapura Kota Kabupaten Banjar Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA- Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete memerintahkan anggotanya untuk menyelesaikan masalah dua pria yang berseteru secara kekeluargaan, Minggu (6/8/2017) kemarin.

Adapun kejadian tersebut bermula pada saat SN bertemu dengan seorang laki-laki yang mengaku sebagai teman lamanya MA. Karena kesalahpahaman antara SN dan MA mengakibatkan MA memukul SN dengan tangan kosong mengenai bibir dan pelipis SN yang menyebabkan bengkak pada bibir dan pelipis.

Setelah dilakukan pertemuan olah Bhabinkamtibmas, Brigadir Hendra yang berkoordinasi dengan Kanit Binmas Martapura Kota, Ipda Endro, kemudian keduanya dibawa ke Mapolsek Martapura Kota. Setelah dilakukan konfrontasi, perkara tersebut pun dapat terselasaikan secara kekeluargaan karena kedua belah pihak saling mengakui sebab akibat terjadinya pemukulan.

Dengan di saksikan ketua Rt Rw Sekumpul dan keluarga kedua belah pihak serta saksi akhirnya permasalahan dapat dilaksanakan dengan Alternatif Desputy Restoration (ADR) atau penyelesaian masalah diluar jalur hukum.

Lebih lanjut, Problem Solving dilakukan harus berdasarkan keinginan kedua pihak terutama korban dan itu disampaikan harus tanpa tekanan dan pengaruh dari pihak manapun, sedangkan Bhabinkamtibmas Sekumpul Polres Banjar hanya sebagai mediator saja dan memastikan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk damai dan tidak akan saling menuntut dikemudian hari.

Sebagai bukti perdamaian kedua belah pihak, juga terlampir dilampirkan sebuah surat perjanjian damai yang ditandatangani masing-masing kedua belah pihak serta disaksikan RT setempat dan masing-masing keluarga.

Tidak sampai di situ, guna memastikan perseteruan keduanya tidak terulang di kemudian hari bhabinkamtibmas juga akan melakukan pemantauan kepada SN dan MA minimal selama dua bulan

“Semua perkara tidak harus diselesaikan dengan proses pidana dan dilihat dari tindak Pidana kasus perkasusnya. Kalau bisa diselesaikan secara kekeluargaan, sementara kedua belah pihak menyetujuinya. Maka penyelesaian pun bisa diambil dengan cara tersebut," jelas Kapolres Banjar, AKBP Takdir Mattanete saat menanggapi persoalan tersebut. (*)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved