Berita Balangan

Bermain Matematika Bela Negara, Koramil Lampihong Sosialisasikan Jiwa Nasionalisme Kepada Pelajar

Berbagai cara dilakukan oleh jajaran TNI untuk menumbuhan jiwa nasionalisme di Kabupaten Balangan, kali ini menyasar para pelajar di SMAN 1 Lampihong.

Bermain Matematika Bela Negara, Koramil Lampihong Sosialisasikan Jiwa Nasionalisme Kepada Pelajar
istimewa
Permainan itu dinamakan Matematika Bela Negara yang berbentuk segi lima mengadopsi Pancasila. 

‪BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Berbagai cara dilakukan oleh jajaran TNI untuk menumbuhan jiwa nasionalisme di Kabupaten Balangan, kali ini menyasar para pelajar di SMAN 1 Lampihong.

Ya, Danramil Lampihong Lettu Inf Sahlan Nurdibyanto menyosialisasikan permainan edukasi untuk menanamkan jiwa nasionalisme.

Permainan itu dinamakan Matematika Bela Negara yang berbentuk segi lima mengadopsi Pancasila.‬

Antusias para siswa dalam mengikuti sosialisasi ini sangat tinggi, selain tak monoton, melalui sosialisasi ini juga siswa bisa terhibur serta mendapatkan pengetahuan.

Lebih lanjut Lettu Inf Sahlan Nurdibyanto menjelaskan, ‪permainan bela negara ini mirip dengan permainan monopoli dan ular tangga, yang dapat dimainkan oleh 4 pemain.

"Namun yang membedakan dari permainan ini adalah adanya unsur matematika, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dari hasil buah dadu yang dilemparkan," ujarnya.

‪Selain itu tambahnya, para pemain juga harus menjawab pertanyaan seputar pengetahuan tentang bela negara, nusantara, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, pancasila serta soal tentang sejarah perjuangan bangsa.

"Pemain baru bisa dinyatakan menang, apabila semua pertanyaan dapat dijawab dengan tepat dan benar," katanya.

‪Masih menurutnya, bahwa permainan ini selain dibutuhkan kecepatan dalam berpikir, namun juga diuji kemampuan pemain dalam menguasai materi tentang bela negara, sejarah, dan hidup bertoleransi dengan masyarakat sekitar.‬

"Kami ‪mengharapkan dengan permainan ini bisa menumbuhkan rasa bela negara dan cinta tanah air di kalangan generasi muda agar bisa hidup berdampingan, sesuai norma Pancasila dan Ke-Bhineka Tunggal Ika-an, ditengah gencarnya budaya asing yang masuk ke Indonesia," harapnya.

Ia mengatakan, bahwa sosialisasi ini merupakan perintah Dandim 1001/Amt-Blg agar permainan bela negara ini disosialisasikan oleh para Babinsa kepada seluruh sekolah SMP, SMA/sederajat diwilayah Kodim 1001/Amt - Blg kali ini sosialisasi di Kecamatan Lampihong, Balangan.‬

‪"Tujuan sosialisasi ini sendiri untuk lebih mengenal kembali 4 Konsensus pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Permainan ini menyasar ke generasi muda khususnya pelajar," pungkasnya.

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved