Berita Banjarmasin

Sungai Jingah Kota Tuanya Banjarmasin

Wilayah Sungaijingah Kelurahan Surgimufti akan menjadi objek wisata kota tua Banjarmasin.

Sungai Jingah Kota Tuanya Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Wilayah Sungaijingah Kelurahan Surgimufti akan menjadi objek wisata kota tua Banjarmasin. Hal itu sempat diterangkan oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wilayah Sungaijingah Kelurahan Surgimufti akan menjadi objek wisata kota tua Banjarmasin. Hal itu sempat diterangkan oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhak.

Dipilihnya tempat tersebut menurut Ikhsan karena di kawasan itu banyak terdapat rumah tua adat suku Banjar. Sehingga bangunan itu bisa menjadi daya tarik para wisatawan.

Dari pantauan Bpost Online di lapangan, Sabtu (2/9/2017) memang berjejer kiri kanan jalan bangunan rumah adat suku banjar. Tidak hanya dengan satu model rumah adat. Melainkan ada beberapa jenis. Akan tetapi sejumlah rumah lainnya pula bukan bangunan adat.

Beberapa terlihat begitu tua. Satu unit rumah ada yang dibangun sejak tahun 1925. Sebagaimana rumah Muhammad Rasyid di Jalan Sungaijingah RT 16. Rumah tersebut pada bagian atasnya bertuliskan tahun pembuatan. Selain itu dikatakan oleh Rasid ia merupakan generasi ketiga penghuni rumah adat banjar berjenis bangun gudang.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved