Kriminalitas Banjarmasin

Majelis Hakim Perintahkan Tiga Terdakwa Kasus Penipuan Jual Beli Batu Bara Ini Ditahan

Sebab terdakwa merupakan tahanan pihak Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan yang sedangkan dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Jakarta.

Majelis Hakim Perintahkan Tiga Terdakwa Kasus Penipuan Jual Beli Batu Bara Ini Ditahan
Istimewa
Sidang para terdakwa kasus penipuan jual beli batu bara di PN Banjarmasin, Selasa (5/9/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sidang dugaan penipuan jual beli batu bara dengan tiga terdakwa yakni M Ardi dan Andrew Bonnie Boentoro alias Bonnie dan Pierson Tambunan alias Pierson alias Icon kembali bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin, Selasa (5/9/2017).

Heri Sutanto, Ketua Majelis Hakim pada PN Banjarmasin, pada sidang lanjutan, Selasa (5/9/2017) memerintahkan agar ketiga terdakwa yang disidang secara terpisah untuk dilakukan penahanan (tahanan rutan), karena selama ini ketiganya berstatus tahanan Kota Banjarmasin.

Perintah majelis hakim ini setelah menyatakan menolak eksepsi yang diajukan ketiga terdakwa dan memerintahkan sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

Pada persidangan sebelumnya, dua tersangka kasus penipuan Andrew Bonnie Boentoro alias Bonnie dan Pierson Tambunan alias Pierson alias Icon, sudah lebih dulu menjalani proses persidangan di PN Banjarmasin, dan pada sidang perdana status tahanan kota para terdakwa sempat ditanyakan majelis hakim.

Sebab terdakwa merupakan tahanan pihak Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan yang sedangkan dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Jakarta.

Dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan terdakwa Pierson Tambunan dan Andrew Bonnie Boentoro didakwa telah melanggar pasal tindak pidana membantu melakukan kejahatan Penipuan atau melakukan kejahatan Penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHPidana Jo Pasal 56 ke 2 KUH Pidana atau Pasal 378 KUHPidana Jo Pasal 56 ke 2 KUH Pidana.

Kemudian berselang satu minggu baru lah terdakwa M Ardi, menyusul menjalani proses persidangan.
Untuk terdakwa Pierson Tambunan dan Andrew Bonnie Boentoro merupakan pengembangan dari penyidikan kasus penipuan batubara yang dilakukan oleh terdakwa M Ardi,

Modus dari para terdakwa dalam menjalankan aksinya adalah diduga dengan cara menjadi orang dalam perusahaan pembeli batubara, namun diam-diam bekerjasama dengan pihak makelar/penjual batubara untuk menyampaikan informasi yang tidak benar kepada pemilik perusahaan pembeli batubara agar meyakinkan pembeli batubara agar membeli batubara dari penjual yang ternyata spek barang, pengiriman dan pengapalan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jaksa kasus ini Arif Rahman saat dikonfirmasi BPost Online, membenarkan dengan perintah hakim, bahwa ketiga terdakwa statusnya penahanan ketiganya akan dipindahkan dari tahanan kota ke tahanan rutan.

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved