Info Mitra

Motif Terbaru Burung Enggang, Kain Sasirangan Unik yang Dibuat dengan Cara Dilukis

KAIN Sasirangan bernilai seni tinggi ada di Orie Sasirangan Jalan AES Nasution No 4 RT 15 Banjarmasin.

Motif Terbaru Burung Enggang, Kain Sasirangan Unik yang Dibuat dengan Cara Dilukis
Istimewa
Kain sasirangan motif Burung Enggang di Orie Sasirangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - KAIN Sasirangan bernilai seni tinggi ada di Orie Sasirangan Jalan AES Nasution No 4 RT 15 Kota Banjarmasin, Kalsel. Adalah Wim Ansyori Hamim atau akrab disapa Orie yang memproduksinya.

“Ada beberapa motif, di antaranya motif Seribu Sungai, motif Jukung Hias, motif Mahkota Putri. Harganya, untuk ukuran dua meteran, senilai Rp 2 juta,” kata Orie, Senin (4/9).

Orie mengatakan, proses pembuatan Kain Sasirangan tanpa menggunakan mal atau pola. Jadi benar-benar dilukis. Setiap motif yang dihasilkan mengandung makna.

"Motif Seribu Sungai, filosofinya adalah sungai menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Banjarmasin, yang berjuluk Kota Seribu Sungai," ujarnya.

Motif Seribu Sungai ini, kata Orie, menjadi juara satu dalam lomba Sasirangan. “Saya bersyukur, setelah juara banyak dari kalangan pegawai membeli Kain Sasirangan saya. Bahkan ada mengikutsertakan Kain Sasirangan saya dalam ajang pameran ke luar daerah,” ujarnya.

Motif lainnya Buih Diulak Banyu, Sisik Iwak Haruan. Motif terbaru yakni Burung Enggang. “Setiap hari rata-rata mewarnai 50 lembar kain,” ujarnya.

Kain Sasirangan Orie tersedia di Rumah Anno Jalan Siring Piere Tendean Banjarmasin dan di tokonya sendiri, Jalan AES Nasution. (has)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved